Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis…

Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (10)

Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis… Bila sesi pertama kita mengenal Danger Predictions, maka sesi kedua ini kita belajar posisi berkendara alias riding position yang aman dan nyaman bagi bikers gans. Monggo disimak sesi kedua Blogger dan Vlogger #cari_aman competition yang digelar oleh MPM Distributor pada bulan Maret 2021 ini gans.

peserta Blogger dan Vlogger #cari_aman competition yang digelar oleh MPM Distributor pada bulan Maret 2021Materi Riding Position yang aman dan nyaman ini disampaikan pada tanggal 13 Maret 2021 oleh Ahmad Hilmy, salah satu instruktur Safety Riding MPM Distributor. ” Masing-masing motor punya karakater cara berkendara mantemans….motor sport bike, city bike atau touring memiliki gaya berkendara sehingga biker harus bisa menyesuaikan agar nyaman dalam berkendara” ujarnya mengawali materi.


Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (10)Agar bisa berkendara secara aman dan nyaman perlu diperhatikan 7 postur berkendara brosis yakni

  1. Mata. Mata harus fokus dan konsentrasi dengan pandangan yang senantiasa berpindah dari berbagai arah.
  2. Pundak. Buat pundak serasa nyaman dalam berkendara dengan bersikap lentur alias tidak kaku.
  3. Siku. Siku merupakan shockbreaker tubuh jadi dibuat nyaman dan mengayun.
  4. Tangan. Tangan menggenggam dengan sempurna stang kemudi dan tidak usah kaku.
  5. Pinggul. Tempatkan pinggul sempurna pada jok dan atur agar posisi pas mantabs.
  6. Lutut. Buat lutut secara santai dalam berkendara gans dan angkat bila menemui jalan rusak didepan.
  7. Kaki. Kaki harus sigap untuk menapak ke tanah atau mengatur gigi dan rem gans.

Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (10)Hal pertama yakni pandangan biker harus jauh ke depan agar bisa berbuat sigap dan fokus terhadap kondisi jalanan sehingga mampu memberikan respon yang tepat. Selanjutnya, perhatikan posisi jari-jari tangan jangan sampai nempel alias stand by diatas tuas rem depan serta hindari rem depan bila kecepatan motor kurang dari 30 km/jam. tata cara bonceng motor yang baik dan benar

Kemudian bagi yang berkendara secara berboncengan maka perlu diperhatikan beberapa hal agar boncengan bisa nyaman selama perjalanan.

  • boncenger harus memegang dengan cara mendekap pengendara
  • jepit pinggul pengendara dengan pangkal paha
  • posisi tubuh boncenger harus searah dengan pengendara
  • boncenger sebisa mungkin mengikuti arah pandangan pengendara.

Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (5)Lanjut lagi perlu dipahami konsep Defensive Riding alias selalu berpikir jauh kedepan dan selalu siap terhadap apapun yang mungkin terjadi (anticipative) serta Safety Riding dimana mengemudi dengan keahlian dan pengalaman yang tinggi ditambah dengan sikap yang baik dan konsentrasi yang berkesinambungan (preventive). Pandangan mata harus senantiasa berpindah-pindah agar dapat mengantisipasi keadaan mendadak dijalan.Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (5)

Terakhir jangan lupa memakai helm dan jaket, selain sebagai salah satu perlengkapan berkendara juga dapat menjadi gaya hidup gans. Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (5)

Itulah brosis Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis…Semoga kita senantiasa dijauhkan dari mara bahaya dijalanan. Sebelum berkendara pastikan motor dalam keadaan sehat dan biker juga dalam keadaan fit.Mengenal posisi berkendara yang aman dan nyaman bagi biker brosis.. (5)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4723 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Pahami keahlian dasar berkendara alias memotoran dijalanan gans…cari_aman | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..