Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol

Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol (1)

Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol. Seringkali kita mendengar kecelakaan di tol yang melibatkan truk besar dan mobil. Bukan bermaksud saling menyalahkan namun setidaknya perlu instropeksi masing-masing kendaraan. Khusus bagi driver mobil, mungkin bisa dicoba tips dan trik agar terhindar dari kecelakaan yang nyrunthul bokong truk berikut ini.

Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol (1)Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol ini ditulis oleh mbah RB Rifqi di grup facebook Motuba. Doi mengunggah tulisan ini pada tanggal 04 Januari 2021 sambil mengunggah foto kolase kecelakaan mobil yang nyeruduk atau menabrak kolong truk yang ada di tol. Nah berikut tips dan trik nya brosis..

Tips sedikit mbah mencegah tabrak bokong truk di Tol :

  1. Usahakan menepi di rest area jika mengantuk (ngantuk sangat berbahaya)

  2. Co-Driver yang duduk di samping supir tidak dianjurkan untuk tidur dan selalu mengawasi pergerakan supir

  3. Dilarang menggunakan bahu jalan/hindari berjalan di lajur lambat Truk/Bus (sangat berbahaya)

  4. Hindari mengemudi zig – zag diantara Truk (sangat berbahaya)

Hingga tulisan ini diketik, postingan dan gambar diatas telah memantik beragam diskusi dari warganet di Motuba baik yang pro dan kontra khususnya bagi sesama driver atau sopir. “Gejil setuju mbah dengan poin nomor 2, kalo gejil lg nyetir yg di samping gaboleh tidur 🤣 soale menurut gejil yg di samping biaa mengingatkan hati2, jadi temen ngobrol, nyemil, ngopi dll😅” ujar Yudha Izma Adriansyah.

Beberapa warganet mengomentari terkait lampu redup bagian belakang truk. “Beberapa truk kadang ga keliatan mbah, lampu redup bahkan beberapa kadang mati. Buat pengusaha atau driver truk mungkin bisa diperhatikan kembali lamp truk sampean” ujar Dzaki Reyhan S. Hal ini juga diungkapkan oleh Yehezkiel Arif Wahyudi, “Pemilik Truk gak ada otak..yg jelas pasti itu lampu belakang truk redup gak terang atau bahkan ketutup terpal...” tambahnya.

Sementara beberapa warganet lain mencoba membela para sopir truk. “Yang nyalahin truk itu ngotak gak sih, itu jelas2 foto kejadian kebanyakaan di jalur lambat/ bahu jalan. Dan itu memang ajuran jalur untuk bus/truk, ,berbijaklah dalam bersosmed jangan asal menyalah2kan” ujar Riz Qi. Hal ini juga di pertegas oleh ASix THook Pokoq E, “4 foto di atas terjadi di bahu jalan dengan melintasi garis putih lurus tanpa putus , pentingnya taat rambu2 lalulintas saat berkendara mbah. Hati hati di jalan keluarga menunggu di rumah mbah 🙏” terangnya.Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol (1)

Sedangkan Arya Widura selaku salah seorang sopir truk curcol memberikan komentarnya. “Sepurane Mbah, kebanyakan komentar digroup sini bilang lampu truk redup.saya pasang LED 12mata 6lampu dibelakang, buktinya malah ditegur dibilang silau.jadi maunya gmna?mau redup/silau?kalau kita dikecepatan 100km/jam dalam kondisi ngantuk mau seberapapun silaunya lampu tetep ajah ditabrak” ujarnya. “Kakean lampu salah, lampu sitik yo salah 🤣 sesok barange tak tumpakne inova wae mbah.” tambah Indra Ari.

Berikut beberapa komentar dan usulan dari warganet motuba yang lain:

Wachid Mei Prihantoro
Saya berterimakasih kepada bus malam yang mengingatkan saya waktu microsleep.. posisi saya di kanan g sadar seperti oleng ke kiri jalur tengah . Tau2 ditlakson kenceng disebelah dan kaget langsung sadar.. mungkin supirnya tau mobil depan pasti ngantuk.. lalu berhenti sebentar di bahu jalan buat cuci muka pake air mineral.lanjut jalan cari rest area buat tidur sebentar..Alhamdulillah masih diberi keselamatan..jangan lupa berdoa sebelum jalan..

Ade Saputra
Ya 2 kemungkinan mbah :
1. Truck terlalu pelan d sisi kiri gada lampu..
2. Mobil blangsakan nyelip Kanan kiri..
Mak dhesss..
Semoga kita semua diparingi Slamet ..
Salaman slumun Slamet…

Ryuka Sadewa
Usulan setiap truk harus ada rear underrun protection ( rup ) keknya harus di sosialisasiin ke seluruh perusahaan armada truk deh biar mengurangi resiko fatal menabrak bodi belakang truk .

Ammar Firdausi
Sering jadi co driver bapak pas nyetir jarak jauh. Kalau bapak ngantuk dan penumpang belakang tidur, musik di audio mobil agak dikerasin dan mulai dah nyanyi2 bareng berdua di kursi depan 😂. Tapi kalau dah ngantuk oarah memang kudu menepi untuk sitirahat

Well, itulah mantemans Tips bagi driver mencegah tabrak bokong truk di Tol. Semuanya memang sudah kehendak takdir Tuhan, kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar saja. Bismillah…menyang moleh selamet ning dalan…Amiiin.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5686 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..