Kick starter pada motor All New Honda CB150R itu seret dan keras, benarkah?

Solusi engkol, sela atau Kick starter pada motor All New Honda CB150R yang seret dan keras

Kick starter pada motor All New Honda CB150R itu seret dan keras, benarkah?. Engkol, sela atau kick starter pada Honda CB150R menurut beberapa biker dirasakan agak seret, keras dan susah. Entah karena jarang dipakai atau memang ada kendala secara teknis beberapa biker mengakui hal tersebut ketika mau menggunakannya. Akan tetap benarkah hal tersebut?.

Kick starter pada motor All New Honda CB150R itu seret dan keras, benarkah (2)Salah seorang biker Surya PramaPutra Partll mengunggah pengalamannya di grup facebook ‎All New Honda CB150R Indonesia. Doi mengaku bahwa engkol punya motornya terasa susah dan agak seret. “Saat di sela kok susah dan seret. Solusinya gimana om….” ujarnya pada tanggal 9 September 2020. Doi sambil melampirkan gambar engkol alias kick starter pada Honda CB150R warna hitam dengan rangka merah ini.

Beberapa biker yang mengkonfirmasi memang hal itu bawaan orok dari pabrikan.Bukan seret, tp emang keras tuh stater kakinya, ngk sama kek motor laen” ujar Rochmat Nur Ichsan. Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Samudra, “Iya mas punyaku yo seret…emang gitu mas punyak adeckku jugak keras…. ” terangnya. “ciri khas motor Honda om om” tambah Mas Zaidun Zaid.Foto-foto modifikasi velg repaint pada Honda CB150R Streetfire tahun 2019 (3)

Sementara biker lain menduga seretnya karena jarang dipakai sehingga harus dilumasi dengan pelumas. Seretnya gimana? Kalo berat biasanya karena jarang di engkol. Kalo seret olinya jelek dan ring piston lengket ke boring.” tutur Dodi Bengkel Ikt. Hal ini juga disarankan oleh Ren Makihara, “Lumasi pake wd dan sesering mungkin di gunakan” ujarnya.

Sedangkan warganet lain menduga penyebab seret karena kompresi yang gedhe. “Kayaknya emang motor cb kompresinya gede makanya keras sering di pake aja ntar juga kebiasaan” ujar Tegar Oktavianto. Namun hal ini disanggah oleh masbrow Vinsen, “wkwkwk..pada ngarang aja jawabannya..kompresi cb cuma 11,3:1 ga terlalu ngaruh ke kick stater. stroke nya 57,8..jga ga ngaruh2 amat..blm terlalu gede..kalau seret..berarti kalo ga dinding linear nya yg baret ya pistonnya/ringnya yg udah kena…. solusinya..kalau blm berisik..jangan telat ganti oli..kalau udah berisik..ya harus oversize piston..pake oversize 0,25 cukup boring di corter ulang 0,25 sesuai besaran oversize piston” jawabnya secara panjang lebar.Kumpulan gambar inspirasi frame slider/tubular atau crash bar pada Honda CB150R Street Fire

Disisi lain biker lebih menyarankan untuk melepas saja itu engkol agar tidak seret dan merepotkan. “Lepas aja om, punya ku dari dulu udah tak lepas 😌” saran dari Agung. Hal ini juga ditegaskan oleh Tatok, “Gag usah dipake mas..saya 4 taun gag pake selah” tambahnya.  Firman Z Il juga telah melakukan hal serupa diatas. “2 baut itu di lepas mas, punya ane saya lepas, di sela/engkol ringan” tuturnya.

Sebenarnya seretnya ini juga bisa dianalisa apakah karena belum menekan kabel kopling ketika kondisi gigi masuk. “Koplingnya teken dulu” pesan Imam Robbani. Atau mungkin posisi ketika mengengkol tidak tepat sehingga memang terasa berat seperti Honda Revo yang KHS engkol setiap hari. “Cari dulu pusisi sekernya pas di atas atau bawah. Jangan asal sela bro. Kalo pas enteng kok” ujar Faisal Haris Pratama. Nah KHS selama ini mencari posisi yang pas baru digenjot dan brumm brumm brummmmm.Solusi engkol, sela atau Kick starter pada motor All New Honda CB150R yang seret dan keras

Itulah brosis kira-kira diskusi tentang Kick starter pada motor All New Honda CB150R itu seret dan keras. Mungkin brosis ada pengalaman serupa dapat dishare dimari.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..