Kondisi warna busi pada sepeda motor Honda dan artinya, Monggo disimak gans

warna dan kondisi busi atau sparkplug

Kondisi warna busi pada sepeda motor Honda dan artinya, Monggo disimak gans. Cek Kondisi Busi alias spark plug Dari Warnanya. MPM Honda Jatim memberikan tips dan trik melihat Kondisi warna busi pada sepeda motor Honda sebagai indikator sehat tidaknya sebuah motor dari sisi pembakarannya. Monggo disimak brosis…

peresmian diler honda big wing surbaya juli 2016 (12)Seperti diketahui, meski bentuknya kecil, namun busi memiliki peran penting pada motor. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhui performa kerja mesin. Untuk mengetahui apakah busi motor sehat atau tidak, cukup dilihat dari warnanya.

arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)Berikut deteksi busi dari warnanya.

1. Warna abu-abu atau merah bata.
Busi dengan warna merah bata atau abu abu menandakan kondisi busi normal dan baik. Campuran bahan bakar dan udara seimbang (sesui kebutuhan kami pembakaran Secara kimia), Proses pembakaran optimal dan efisien. Motor bertenaga & hemat bahan bakar.arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)

2. Warna Hitam dan Kotor.
Untuk busi yang warnanya hitam dan kotor menandakan adanya campuran udara dan bensin tidak seimbang. Campuran tersebut terlalu banyak bahan bakar (campuran kaya/campuran basah). Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel bisa bikin mesin susah untuk dinyalakan. Akibatnya mesin kurang bertenaga & konsumsi bahan bakar menjadi boros.arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)

3. Warna memutih.
Warna busi putih menandakan bahwa campuran udara dan bensin didalam busi lebih banyak udaranya (campuran miskin/campuran kering). Motor akan lebih cepet panas. Sehingga konsumsi BBM menjadi boros dan akselerasi motor juga mengalami penurunan. Periksa system pengabutan bahan bakar/lakukan Tune Up/service lengkap & Segera ganti busi.arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)

4. Busi Aus.
Elektoda busi yang aus menyebabkan percikan api menjadi lemah, kondisi ini menyebabkan pembakaran menjadi kurang optimal. Segera ganti busi.arti warna busi pada sepeda motor honda dari MPM Honda Jawa Timur (5)

5. Warna Hitam dan basah olie.
Kondisi ini biasanya ditandai motor menghasilkan knalpot mengeluarkan asap putih. Hal itu disebabkan indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah lemah atau liner piston yang baret.

” Apabila sudah aus dan waktunya diganti, segera ganti agar motor kesayangan awet. Dan jika mengalami kesulitan segera hubungi AHASS terdekat untuk pergantian busi, hanya 5 menit tanpa antri. ” kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.busi NGK hitam dan NGK baru

Demikianlah mantemans Kondisi warna busi pada sepeda motor Honda. Monggo dicek kendaraan masing-masing agar bisa segera diservice bila membutuhkan. Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5692 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..