Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya?

Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya?

Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya?. Brosis mungkin mengalami sensor O2 atau sensor engine pada dashboard Toyota Avanza menyala sehingga membuat kita bingung apalagi baru pertama mengalami. Beberapa kawan menduga nyalanya indikator atau sensor engine ini ada kemungkinan beberapa komponen yang mengalami masalah. Kira-kira kenapa?

Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya?Warganet Sullizz Thepashter Ymc mengalami kejadian semacam ini yakni sensor engine nyala. Doi menanyakan hal ini pada grup facebook ‎Avanza Xenia Fans Club Indonesia ( AXFC ). “Kenapa lampu ini gak bisa mati ya om…kira 2 ap yg rusak.?.“tanyanya pada tanggal 12 Juli 2020. Doi sambil melampirkan sebuah foto indikator sensor engine atau sensor O2 yang nyala kuning pada dashaboard.


Beberapa warganet mencoba menganalisa penyebab lampu indikator menyala. “Banyak faktor yg mnyebabkan itu nyala. Lakukan scanning engine ecu om ke bngkel2 yg pnya alatnya. Agar tidak salah analisa..Beda problem, beda penanganan.”tutur Wahyudi. Bakak Lanang menyarankan untuk melakukan scan manual. “Scan.manual di juamper om… kalau avanza kebanyakan sensor gas buang nya…. di jamper juga valid sama dgn scan otomatis bengkel… liat youtobe… klau bisa jamper sendiri kan enak gak di kibulin montir (oknum)..” terangnya.

Beberapa warganet yang mengalami hal serupa turut memberikan pengalamannya. “Aku kemaren jga gy , ,indikator it nt nyala ,trs ak cabut akinya ak psang lgi , ,indikator ny mati , , smpai skrg gk nyala lgi” ujar Gius Fikri Sigius Fikri. Hal ini juga disarankan oleh MauelAna Ibrahiem, “Coba cabut aki om.Kalo gk bisa mati juga terpaksa scan” tuturnya.
Minta di scan, jangan ganggu komponen2 sensor dulu” tambah Gifaris.Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya?

Fakhri mencoba memberikan penjelasan secara panjang lebar. “Lampu check engine aka menyala jika terdapat abnormal pada sensor maupun aktuaktor. Kasus yang sering terjadi adalah pada sensor dimana terjadi goncangan pada soket sensor yg kendor sehingga terbaca sensor bermasalah. ECU akan mengirimkan sinyal berupa lampu check engine akan menyala. Solusinya adalah lakukan pengecekan menggunakan scanner Efi untuk mengetahui troblenya. Jika melepas negatif baterai itu tidak salah. Itu adalah salah satu cara mereset troble jika trouble nya sudah ketemu dan diatasi. Jika tidak maka lampu akan menyala kembali walaupun sdh direset.” tuturnya.

Nafa Erina menyarankan untuk ke bengkel resmi daripada ke bengkel biasa. “Langsung ke auto 2000 aja om,…saya hbiskan uang ke bengkel2 biasa,mati..hbs itu nyalah lg..lngsung tk bw ke auto,alhamdulillah smpai skrng gx nyala2 lg.“pesannya.

Kira-kira itulah solusinya masbrow bila mengalami Sensor Engine pada Toyota Avanza nyala, bagaimana solusinya. Bila bisa diakali dengan mencabut baterai atau aki tidak masalah maka bisa jadi sudah clear. Namun bila tetap menyala maka perlu dilakukan scan dan dibawa ke bengkel resmi terdekat.

Maturnuwun

baca juga :

 

 

 

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4732 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..