Cara alternatif ngilangin bekas double tip di dashboard mobil

minyak kayu putih penghapus lem sisa stiker di mobil Taruna FGX 2003

Cara alternatif ngilangin bekas double tip di dashboard mobil. Brosis mungkin pernah ngalamin ada bekas double tip kertas kering, lem stiker atau bahkan tumpahan parfum di dashboard. Kadang ada bingung cara ngilangin agar tidak meninggalkan bekas noda. Ada beberapa cara yang bisa dicoba diantaranya pakai bensin,baby oil atau minyak kayu putih, monggo disimak berikut pengalaman dari warganet brosis.

Cara alternatif ngilangin bekas double tip bulu-bulu permadani di dashboard mobil (1)Diskusi mengenai Cara alternatif ngilangin bekas double tip di dashboard mobil ini bermula dari curhatan salah seorang member motuba mengenai kondisi mobilnya. “#oot. mbah minta tipsnya ,cara menghilangkan bekas double tape kertas kering seperti ini yg aman bagaimana ya mbah? ” tanya Alim Bungsu Yulaevan di grup fb ‎Motuba pada tanggal 29 April 2020. Si Mbah sambil melampirkan kondisi dashboard yang penuh dengan sisa-sisa atau bekas double tape kertas kering. Sepertinya habis dipasang permadani atau karpet bludru di bagian dashboard ini.


Ragam tanggapan dan saran dari warganet untuk menghilangkan bekas noda lem double tip kering tersebut. Diantara beberapa saran itu sebagian besar menggunakan minyak kayu putih.Minyak Kayu Putih Mbah Ampuh… Jangan Pake Bensin Aph Lagi Paint Remover Bisa Ngerusak Plastik Itu” ujar Azriel Prahara Delpiss. Hal ini juga diamini oleh Unggul Utami, “Habis di pasang bulu dusboard, punya genjil di apv lemnya ndak mau hilang mbah karena kelamaan hampir 5tahun jadi lem menyatu sama dusboard…..hikhik al hasil minyak kayu putih plus amplas halus ” tambahnya.

Cara alternatif ngilangin bekas double tip bulu-bulu permadani di dashboard mobil (1)Penggunaan minyak kayu putih menurut beberapa warganet bukan berarti tanpa efek samping. Dari beberapa pengalaman justru malah meninggalkan bekas pada plastiknya. “efek kayu putih bs tragis plastik jd getas mudah retak,sy sering apply ke plastik cas laptop buat bongkar dlm nya, bongkar lem lbh mudah tp plastiknya jd mrupul mdh pecah ” ujar Gandhu Gandhu.

Warganet lain menyarankan memakai produk remover baik dari stiker remover maupun obatdetailing. Hal ini seperti diutarakan oleh Ahmad Sofiyyudin, “Sticker remover mbah, pernah beli baunya wangi. Bening agak kental kyk minyak kayu putih. Semprot, tunggu bentar lalu di lap pake kain katun.” terangnya. Certified Driver juga menyarankan hal serupa. “Beli obat detailling, bug and tar remover namanya. Pakai sedikit2 perlahan om, riskan luntur kl dashboard, apalagi panel2 sintetis (soft touch, rubberized, kulit, cat, dsb) ” tambahnya. Wahyudi As Salam memakai remover jenis lain. “Kalo sya pake 3M adhesive remover. Kalo terpaksa ya pake minyak kayu putih ” terangnya.

Warganet lain ada yang menyarankan menggunakan bensin, thiner atau solar.  Hal ini seperti yang pernah dicoba oleh Surya Hermana, “Pake solar atau wash bensin. Tapi mesin dan ac harus mati.. Pengalaman saya gitu pas dulu bersihin frame freezer eskrim ” ujarnya. Hal ini seperti yang diungkapkan pula oleh Heru Alfarisman, “Pake bensin, pertamax,thiner,WD,minyak kayu putih,minyak tanah smuanya bisa tapi meninggalkan bau. Mending pakai thiner aja. Basahin kain dengan thiner secukupnya,habis itu tinggal gosok.“tuturnya. Eko Suyadi Praja juga punya pengalaman dengan bensin. “Gejil juga pernah gitu, abis ditempelin riasan bunga buat antar saudara nikahan!. Ampun mbah, full seharian cuma buat bersihin doubletape doang, pakai bensin…. ! “ ungkapnya.minyak kayu putih penghapus lem sisa stiker di mobil Taruna FGX 2003

Beberapa warganet mengaku bahwa penggunaan bensin meninggalkan belang atau noda pada plastik. Shaquile Alfarizqi menuturkan bahwa Minyak kayu putih lebih recomended daripada bensin/pertamax biar tidak merusak dasboard dimana bisa kusam. Ade Adrian Ghazalie juga sepakat dengan penggunaan minyak kayu putih yang dinilai lebih aman. “Setuju sama yang kasih saran minyak kayu putih, joss… Kalo pake bensin untuk beberapa bahan dashboard bisa bikin belang warnanya ” tuturnya.

Sementara cara alternatif lain menggunakan pembersih keramik dan cairan WD. “Pke lap yg dibasahi topron (pembersih keramik) mbah,, tp kudu hati2 jgn sampe berantakan..Sekalian yg kusam,karat krom,kotoran tahunan rontok semua..Drpd mahal ke salon, modal 50 rb😀 ” ujar R Mas Sanjaya. Sedangkan Dimash R Ramadhian mengaku menggunakan WD. “Kalo pingin santai, semprot WD mbah, sambil ditungguin. Kalo pingin agak rekoso pake bensi, sambil disiram sambil di lap..” terangnya.

Sedangkan cara lain menggunakan carbu cleaner dan kompon cepuk putih.Semprot Carbu cleaner.. gosok kain. Tips pasang double tape biar bekasnya g terlalu parah. Sebelumnya lapisi permukaan dgn skotlet selebar double tape aj..Baru tempelkan. Jadi yg nempel ke bagian mobil skotler. Lbih mudah dibersihin. ” saran dari Iant Mogheizher. Mas Arkha menyarankan kombinasi minyak kayu putih dan kompon cepuk putih.”Solusi Dari saya pegawai cuci Mobil….. Minyak kayu putih ..Kompon cepuk putih … Sama autan di campur jadi satu gosok pake kain kasar . insyallah ilang 😃 ” tuturnya.Cara alternatif menghilangkan bekas parfum cair di dashboard mobil

Sementara warganet lain menyarankan menggunakan heatgun yang ditemani dengan spons dan kanebo. “Waduh jangan dengerin yang pake cairan ini itu, bisa bikin belang dashboard. Simpel aja, ambil spons sama kanebo. Basahin bagian tsb terus pake heatgun (low aja) atau hairdryer. Pelan pelan pasti rontok ” tutur Ardhyto Adinegara Siregar. Disisi lain warganet Hendra Index mencoba merangkum bahan apa saja yang layak dan tidak layak untuk dicoba. pake *minyak tanah *autosol *minyak kayu putih *wd-40 pilih salah satu itu👆. jangan pakai *bensin *thinner *alkohol. menyesatkan malah tambah rusak ” pituturnya.

Dari beberapa Cara alternatif ngilangin bekas double tip di dashboard mobil akhirnya mbah Alim Bungsu Yulaevan memutuskan untuk mencoba dengan minyak kayu putih saja. “siap mbah mbah semua. saya coba pakai minyak kayu putih dulu. terima kasih mbah. ” pungkasnya. KHS sendiri pernah punya pengalaman dengan bekas stiker yang bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih. Namun mengusapnya tidak perlu kuat-kuat agar tidak merusak cat atau bahan aslinya.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

About setia1heri 4442 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..