Batas kecepatan oper gigi pada mobil baik manual maupun matic

Batas kecepatan oper gigi pada mobil baik manual maupun matic

Batas kecepatan oper gigi pada mobil baik manual maupun matic khususnya Mitsubishi Xpander (khusus pemula). Kadang ada kebinungan dan penasaran oper gigi bagi pemilik mobil pemula untuk kecepatan menggeber tungganganya. Baik pengguna mobil manula (M/T) maupun matic (A/T) kadang ada yang asal bejek namun tidak sedikit yang ragu-ragu untuk bejek gas. Nah monggo disimak Batas kecepatan gigi mobil baik manual maupun matic di Mitsubishi Xpander (khusus pemula).

Batas kecepatan oper gigi pada mobil baik manual maupun matic KHS menulis postingan Batas kecepatan gigi mobil baik manual maupun matic di Mitsubishi Xpander (khusus pemula) berdasarkan postingan salah seorang member Mitsubishi Xpander Indonesia (MIXI) – Jelajah Tanpa Batas. “Sekedar share, dari buku manual….biar awet ke mesin dan hemat bbm.” ujar WaOne Hendrik pada tanggal 19 Januari 2019. Doi sambil melampirkan foto jepretan batas kecepatan baik untuk Xpander dengan transmisi manual maupun matic.

Monggo disimak gans…Batas Kecepatan mobil Xpander

Kendaraan dengan transmisi manual (M/T) Kendaraan dengan transmisi matic (A/T)
Gigi Batas Kecepatan Gigi Batas Kecepatan
Gigi 1 25 km/jam L (LOW) 30 km/jam
Gigi 2 45 km/jam 2 (Second) 60 km/jam
Gigi 3 75 km/jam D*1 100 km/jam
Gigi 4 100 km/jam D*2 105 km/jam
Gigi 5 110 km/jam *1 : Overdrive (OD) kondisi OFF
*2 : OD dalam kondisi ON

Yah data diatas adalah petunjuk manual dari pabrikan brosis agar mobil awet, hemat BBM dan tahan lama tentunya. Bagaimana dengan pengalaman warganet ? berikut salah seorang anggota meresponnya. “Kalau jalan 60-80pakai 5 gimana ya? Saya sering gitu, lumayan ngirit bisa smpe 18.2km/l” tanya Irfan Adhi Gunadermawan. Hal itu langsung direspon oleh WaOne Hendrik, “Irfan Adhi Gunadermawan saya pribadi sih pakai patokan RPM om, selama dalam rentang 2000 – 3000 masih hemat ” jawabnya. “Ini gigi 5 max 110 km, saya malah lebih 150km/jam kadang lewat..” ujar Doli Yogi Sitorus yang menggeber transmisi manual.

Obrolan semakin menarik ketika membahas OD alias overdrive untuk transmisi matic. “Gas JD galak om kalo OD nya di pencet ” ujar Iffat. Hal ini membuat WaOne Hendrik penasaran, “Iffat he..he….pernah nyoba sampai berapa pak, soalnya punya saya M/T ” tanyanya.

mitsubishi expander cross tahun 2019Hal ini langsung dijelaskan oleh Iffat secara panjang lebar. “WaOne Hendrik kalo untuk main cepat di KM rendah memang enak pakai OD. Tapi cape n boros malah Om, soalnya rem jg main terus. Matic prinsip nya jarang rem aktif br brasa irit xpander cross. Apalagi di Tol fungsi Cruise control (CC) akan sangat terasa begitu membantu penghematan BBM. Jika bisa stabil di 120-150 maka konsumsi BBM bisa tembus di 1/23 om. Itu pengalaman sy dgn my baby cross 😁😁😁 ” jawabnya.

Obrolan semakin menarik ketika menuju konsumsi BBM. “Iffat hah…yang bener mas,stabil di kecepatan 120 – 150 km/jam bisa 1/23, bukannya tambah boros ya, saya kemarin lewat tol, pakai M/T, speed 100 – 120 Km/jam dapet nya sekitar 1/14 an,baru di speed 90 – 100 Km/jam bisa dapat 1/16 an ” tanya WaOne Hendrik. Hal ini langsung direspon oleh Iffat, “WaOne Hendrik iya om sy jg smp binun …CC sangat membantu soal konsumsi BBM. Semakin sedikit halangan n semakin irit. Kalo di jalan kota memang susah pakai CC, tapi kalo main halus n OD gk usah di pencet konsumsi BBM di 1/17-19. Bgitu om ” terangnya.

WaOne Hendrik sy slalu baca buku panduan terus sy praktek in ada yg pas sy pake gk pas ya gk dipake. Contoh dibuku petuny OD bukan dipergunakan untuk nyalip kendaraan. Tapi setelah sy praktek in, kayanya lebih enak pencet OD dibanding jejeg/ hentakin gas pada AT. Tenaga lebih full dan BBM lebih irit. BBM yg sy gunakan pertalite, blm dpn sy mo coba Pertamax mo obser lg tenaga n iritnya. ” pungka Iffat.

Belajar nyetir mobil toyota rush di Bagoes gresik (13)Itulah kawans Batas kecepatan oper gigi pada mobil baik manual maupun matic . Saya kira untuk mobil dengan kubikasi 1.5 L tidak begitu jauh rentang batas oper giginya. Jadi mobil lain pun diluar Xpander bisa menggunakan petunjuk manual diatas.

Ada pengalaman? mongg dishare dimari.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5690 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..