Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosis

Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosis

Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosis. Honda Tena atau Nova Tena merupakan ayago legendaris di dunia balapan 2000an. Motor ayago atau underbone dengan mesin 2 tak ini menjadi legenda dengan pembalap Ahmad Jayadi. Tahun 2002 silam Ahmad Jayadi menjuarai balapan di Sirkuit Sentul dengan menggeber Nova Tena 110RS garapan kilikan Alm. Beny djatiutomo. Monggo disimak gans…

Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosisObrolan mengenai kenangan motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosis ini bermula dari grup facebook BEKAKAS pada tanggal 6 November 2019. Hamzah Setyantoro mengajak anggota bekakas untuk mengenai motor legendaris yang tidak dijual resmi di Indonesia ini.

Hamzah Setyantoro

HONDA TENA 110cc 1980
Ada beberapa versi yaitu Tena S, Tena R yg memakai kopling otomatis dan Tena RS yg memakai kopling manual, dari sekian versi Tena RS 110 adalah versi yg paling populer *Tena RS 1993-1994*.
Berbekal mesin 2tak 109cc motor ini mampu mencapai power 11,8hp di 11000rpm dengan 5 speed, kompresi mesin 6.5:1. Jika mbah2 disini tau sejarah Honda Tena roadrace lawas era Ahmad Jayadi dan Raffid Poppy monggo silahkan berkomentar

Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosisBeberapa warganet langsung menanggapi obrolan diatas. “Sepertinya pernah dipakai sama rafid popy mbah dgn mekanik om beny djati utomo ” ujar Taufik Rachman . Hal ini langsung ditambahi oleh Rezza Pahlevy Maulana, “Taufik Rachman rafid pake yg putih dan ahmad jayadi pake yg kuning ” tambahnya. Dhian Arief Herdiansyah juga mengungkapkan hal serupa, “Liat Poppy pake Tena pas final Race di Sentul tahun 2000an kalo gak salah ” tambahnya.

Chandra juga mengungkapkan kenangannya dengan motor 2 tak ini. “Honda tena star motor pebalap ahmad jayadi garapan Alm. Beny djatiutomo wktu itu di garap untuk mematahkan dominasi suzuki rg sport di road race…suka nonton mbah di kemayoran…” tambahnya. Hal ini diamini oleh Rezza Pahlevy Maulana, “Tena kalo main di sentul udah kayak kesetanan..Cuma RG Sport Hendriansyah yg berani nguber” Tena Star Motor saat itu…” kenangnya.

Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosisInoe Trisno mencoba menjelaskan timeline kemunculan motor underbone ini. “era 80an itu Nova Series atau juga Nova RS, ayam jago 2-tak era 1980-an. di gantikan dengan Tena pada era 1990-an. baru muncul Nova Dash 125. cmiww😉 ” terangnya.

Handaru Pratomo mengenang motor yang menggendong mesin 110 cc ini. “Dulu sering baca di tabloid Motor Plus & Otosport kalo musuhnya Honda Tena dulu Suzuki RG Sport & 2 motor itu sering dominasi balap road race jaman lawas. Itu pun dengan catatan pembalapnya musti kuat mental lahir-batin. ” kenangya. Indra Purbahandaru juga mengenang masa -masa itu. “Tena kalah sama rg sport mas hendri di mandala krida….ah indahnya masa itu 💕 ” kenangnya.

Mengenang motor lawas underbone bengisHonda Tena atau Nova Tena brosis (2)Honda Tena sempat melegenda di balap Asia Tenggara era 1994-1998. Motor 2 tak ini dipakai para pembalap Thailand dan merajai untuk semua kelas underbone 110-115cc. Tahun 2001 pembalap Rafid Poppy Sugiarto merajai balapan di Sentul. Tahun 2002 pembalap Ahmad Jayadi bersama Honda Tena 110RS juga menorehkan prestasi serupa dengan menjuarai nasional balapan di Sentul. Honda Tena yang digeber itu punya tim SKF Fuchs Star Motor milik dan dioprek lansung oleh om (Alm) Benny Djatiutomo.

Well, itulah mantemans Mengenang motor lawas Honda Tena atau Nova Tena brosis.

Mengenang motor lawas underbone bengisHonda Tena atau Nova Tena brosis (2)Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Pesona motor 2 tak lawas Honda Nova Dash 125 RS - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..