Tips dan panduan membeli mobil panther bekas alias second brosis…

Tips dan panduan membeli mobil isuzu panther bekas alias second brosis (1)

Tips dan panduan membeli mobil isuzu panther bekas alias second brosis…Membeli mobil bekas alias seken memang perlu kehati-hatian terlebih anda awam masalah permobilan. Diperlukan ketelitian, kecermatan dan kejelian agar kita bisa mendapatkan mobil bekas namun masih sehat. Khususnya mobil Isuzu Panther maka berikut tips dan trik sekaligus panduan untuk membeli mobil tersebut.Isuzu Panther LS 2.5 AT 2001Salah seorang warganet Rohmat Permana membagikan tips tersebut digrup facebook ‎ISUZU PANTHER &1001 PERMASALAHANYA pada tanggal 6 Oktober 2019. Monggo disimak gans…

TIPS MEMBELI PANTHER BEKAS

Harga baru isuzu panther kurang lebih Rp250 juta kurang lebih untuk tipe terendah LM (paling ekonomis), tidak heran kenapa masih bayak peminat panther bekas. Jika anda berniat untuk meminang panther bekas, tidak ada salahnya anda memilih yang terbaik sesuai anggaran.


Ada 3 titik krusial yang wajib dipenuhi supaya setelah meminang anda tidak kantong bolong. Keropos body, kompresi mesin ngobos, dan kaki-kaki. Berikut saya paparkan tips memillih panther:

Antara Ford Everest VS Isuzu Panther Touring, pilih mana?mobil bekasBody kaleng
Body panther terbuat dari double plat, tidak ada salahnya apabila cek keropos biasanya di atas ban belakang kanan kiri, kolong lantai, sekitar jalur AC (akibat kondensasi). Upayakan untuk tidak memilih body yg kropos/catnya sudah tidak ori, misal terpaksa dibeli, anggarkan danan untuk perbaikan (kenteng, las dan cat)

Mesin wajib kering
Buka kap mesin, cek part di mesin apakah masih original/sudah ganti aftermarket. Perhatikan apakah ada rembes oli, biasanya dekat pully kruk as depan dan belakang (akibat owner kebanyakan tuang oli mesin. Ingat perbaikan mesin (turun mesin) kalau part ori japan biaya kurang lebih 10jt.

Lihat kap mesin apakah pernah nabrak/tidak, lipatan dalam kap dan fender bisa dicek kalau ada jarak/kentengan tidak wajar silahkan abaikan.

Kalau mau cek engine, biasanya minta owner janjian supya mesin kondisi dingin. Supaya tau bagaimana saat start kondisi mesin. Kalau mesin sehat, ketika pagi engine start mudah menyala. Namun kalau cengengesan, wajib siapkan anggaran perbaikan/tune up.

Buka tutup pengisian oli dan di stik oli, baik siang/malam perhatikan dengan jeli apakah ada oli muncrat yang cukup tinggi/asap yang tebal? Kalau muncul asap tipis wajar, oli bisa saja menguap. Kalau ada muncrat sedikit sekali jg wajar, artinya pompa oli bekerja baik. Biasanya saya cek pakai senter biar jelas.

Rpm idle (700-850) coba masuk ruang kabin, gas s.d 3rb rpm kurang lebih 20 detik. Posisi gigi netral, apakah ada suara tidak normal? Misal hasilnya brebet? Filso waktu ganti, karena kualitas bbm yang kurang bagus.

Apabila sudah turbo, perhatikan jalur instalasi turbo wajib kering. Normalnya turbo akan bekerja optimum di atas rpm 2000. Apabila turbo bermasalah, biasanya ditandai dengan rembes oli, ada suara brisik di turbo. Artinya catridge tidak mampu menghembuskan udara ke ruang bakar secara optimum. Harga catridge impor taiwan kurang lebih 2.5jt.

Tips dan panduan membeli mobil isuzu panther bekas alias second brosis (1)Interior
Pilihlah interior yang bersih, utuh dan original. Part dashboard dan interior (jok, doortrim, dan plafon) tidak standar abaikan panther tersebut. Karena part interior biasanya inden dulu. Karena perlu indent (waktu 2 minggu) bisa lebih. Malah ada beberapa part yang sudah tidak dijual lagi.

Kaki depan belakang
Test drive, putar stir ke kanan kiri maksimal sambil jalan pelan. Perhatikan ada suara aneh ndak? Kalau ada siapkan dana untuk kaki-kaki dan steering.

Radiator
Posisi mesin masih dingin cek warna radiator, fisik luar/dalam cek bocor. Periksa selang-selang jalur radiator ada bocor tidak. Buka cap radiator apakah ada yang buntu atau tidak, ada campuran minyak/oli apa tidak. Cek oil coller lokasinya dibawah filter oli rembes air tidak.
Cek tutup radiator

Kelistrikan
Cek kabel, relay, box sekring baik di dalam ruang mesin maupun kabin tidak ada yang meleleh. Lokasinya di dashboard dan ruang mesin.

Oli mesin
Untuk cek kondisi oli, siapkan tisu wajah kemudian teteskan 2-3 titik oli dari dipstik, diamkan 5-10 menit. Lihat penyebaran oli di tisue. Penyebaran oli di tisue yang baik menandakan tidak ada masalah pelumasan lubrikasi dan pendinginan.

Test Drive
Rasakan akselerasi saat perpindahan gigi presneleng. Saat injak kopling tidak ada suara aneh, kalau ada suara aneh siapkan dana untuk perbaikan kopling set. Dengarkan suara suspensi depan belakang. Kalau senyap lanjut.

Kaca Mobil
Khusus kaca depan tidak boleh dipoles pakai mesin poles, cek apakah ada bekas polesan memutar? Karen khusus kaca depan didesain untuk anti silau (kalau malam/hujan) dan anti UV. Kalau ada bekas poles hindari, atau tetap beli namun siapkan anggaran 1.3-2jt untuk ongkos pasang khusus depan belum termasuk kaca film.

Air Conditioner
AC panther terkenal dingin baik double blower maupun single blower. Untuk perbaiki ac wajib cek secara menyelipkan​. Dari kondensor, kompresor, selang, evaporator, blower harus fit semua karena satu kesatuan sistem yang menjamin ac dingin.

Kondisi Ban
Ban yang sudah botak atau aus sangat memengaruhi pengendalian dan pengereman. Sangat berbahaya bila dipacu kencang dan menemui jalanan licin bila hujan. Grip ban sudah pasti jauh berkurang dan mobil mudah melintir. Perhatikan kembangan ban, bila terlihat tebal dan utuh, masih terbilang aman.
Cek kondisi keratakan ban dan benjolan ban dari sisi atas maupun samping ban.

Kalau bisa mintakam garansi, jangan lupa cek keabsahan dokumen di SAMSAT. Cek pajaknya apakah ada yang telat bayar apa tidak. Untuk kepemilikan buat kesepakatan apakah bisa pinjam KTP untuk bayar pajak atau harus balik nama.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Panduan membeli mobil isuzu phanter bekas brosisBeberapa warganet menimpali tips diatas. “Intinya kalo beli mobkas harus siap dana lebih utk perbaikan/service krn kita gak tau sejarah mbl tsb. Buat saya sendiri terpenting di mobkas adalah kondisi mesin,transmisi,ac harus bagus yg lain bisa diupgrade disesuaikan dana ” terang Rachmat Hidayat.

Well, itulah mantemans Tips dan panduan membeli mobil panther bekas alias second brosis…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4021 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..