Berikut tips turunan bagi biker trabas dan trail pemula biar gak takut …hehehe.

tip turunan bagi biker trabas dan trail pemula

Berikut tips turunan bagi biker trabas dan trail pemula biar gak takut …hehehe. Namanya biker trabas, trail atau offroad kondisi medan naik turun, tanjakan atau turunan adalah hidangan wajib yang harus dinikmati. Nah masalahnya beberapa biker pemula khusus cewek merasa takut, tidak pede dan mengalami demam panggung. Terlebih ada juga kejadian tragis ketika turunan mengalami crash berakibat fatal dimana biker meninggal dunia. Anda mengalami hal yang sama ? Monggo dicoba tips berikut ini brosis.

gambar Cewek pakai motor trail (1)Hal serupa diatas juga dialami oleh Yuni Maunu Maunu. Sista ini curcol di grup facebook KTOI ( Komunitas Trail Odong-Odong Indonesia).  “mohon arahan, tips supaya ngk takut di turunan!!?? kadang motore tak tuntun 😪😪”tanyanya pada tanggal 16 Agustus 2019. “Aku dlu juga pas siap adventure lihat ada yg ningal jatuh di turunan lama trauma tp lama kelamaan sembuh sndri” tambah Basuki Prasetyo.

Heri Supriyanto menyarankan agar menjaga keseimbangan. “Jaga keseimbangan .kalau turunan tajam tp langsam bawah rata ikutin aja badan tarik kebelakang gunakan gigi persneling sesuai kebutuhan imbangi dengan rem tipis2.kalau medane berbeda beda lagi triknya om” tuturnya. “Kurangi kecepatan gunakan gigi kecil, gunakan rem depan seperlunya, posisi badan geser kebelakan imbangi dengan rem blakang,,Semoga bermanfaat,, “ujar Dingkuel.tips turunan bagi biker trabas trail

Beberapa warganet yang punya solusi yang sama turut berkomentar. “Mending tak tuntun dari pada awak remuk motor ajur😂😂😂” ujar Surracing Jaya Motor. Muhammad Ja’ffar menyarankan memakai gigi 1 dengan kondisi mesin mati. “Mesin matikan aja om. masuk gigi 1 turun sambil di kopling + kombine rem dpan blakang. klo mulai nge blong tinggal lepas aja kopling. sebuah teknik engine break yg salah. jeglek jeglek😀” terangnya.

IYat Ibanez juga menjelaskan secara detail. “Trik turunan. Bodi badan cenderung tarik ke blakang,posisi badan semi bediri,rem Depan jngan sampai lengah,awas!!kePencet (jlungup)rem blakang kocok” jngan lngsung di pancett,biar rada mengalir sperti air,sambil imbAngin motor goyangan kmna arah cba di ikuti,pke gigi rendah klu masi pemula,tururan jngan biasakan lngsung spontan kenceng,,msi pemula kuasai mtor,kuasai jalur,fokus posisi jalur tururan“ujarnya. “Turunan jangan maen rem depan, Duduk agak kebelakang ato berdiri agak doyong kebelakang” tambah Dick Motor Sport.tips turunan bagi biker trabas dan trail

Warganet lain juga berpesan agar jangan memaksakan bila tidak yakin. “Kalau takut mending minta bantuan.kalau tinggi semakin kebawah sepeda makin kenceng .banyak kejadian yg meninggal karena turunan tajam.” tutur Wak Djock. Hal ini juga ditegaskan oleh Kenta Wijaya,”PRINSIPE : ” YEN WEDI OJO WANI” YEN WANI OJO WEDI” mas, penting lozzzz, Wani perih” terangnya. Tan Pado juga menambahi tips agar santuy. “Santai… Jangan buru buru, Awas… Jungkir balik nanti.”tuturnya.

Sementara warganet lain menyarankan agar diiringi dengan dzikir. “Utamakan doa…😇Tanjakan – ALLAHU AKBAR,turunan -SUBHANALLAH, Silahkan dicoba...”ujar Rujani Rohmat. Iwan Kuswanto menyarankan memegang kencang stang. “Sbnere kalo turunan, kuncinya pegang stang yg kenceng aja, takutnya kebanting kanan apa kiri, Dan kaki/panggul usahakan lebih fleksibell. Jadine gampang ngimbangi motor, saran dr pemula cah ndeso gunung asli 😂” tuturnya.tips turunan biker trabas dan trail.

Cara ekstrim lain adalah melepas motor untuk meluncur sendiri kebawah selanjutnya biker turun sendiri jalan kaki. “Motor lepas dulu biar sampe bawah. Abis ntu…Kita turun jalan kaki…Amaaaann”tutur Disma Budy Purnomo. Sedangkan cara lain adalah meminta bantuan trabaser senior. “njaluk tulung offroader yang lainnya…soale aku sering dijaluki tulung kon mudunno motore.” Ujar Adi Handaya

Oim menekankan pada cara mengendalikan rem depan dan belakang. “faktor utama adlh mengendalikan rasa takut itu sndiri,klo untuk triknya bisa di coba tekan tuas rem depan lebih kuat dari rem belakang…semoga bermanfaat”tuturnya. Gozali Rahman menuturkan cari jalur lain. “Mudah sekali kalau lewat turunan… Apalagi turunannya curam sekali… Caranya cukup gas pelan, cari jalan lain yg agak landai, nah lewat situ saja om, gak haram kok, yg penting horee 🙏 “tukasnya. Irawan Zhairah menyarankan untuk memakai sling kayak mobil. “Pasangin winch di belakang. Cantolkan ke pohon yg kuat di belakang. Ulur pelan2 sling/plasma winch nya. Inshaa Allah dijamin aman. Ngikutin tips mobil offroad.” Tuturnya.

Beberapa warganet menanggapi postingan tersebut secara bercanda. “Kl takut diturunan langkah pertama cari tanjakan terdekat terus lambaikan tangan ke kamera” canda Sengon Balap. “Atau klo mau lebih aman lagi, telpon aja JNE/TIKI/JNT atau ekspedisi lainnya. Paketkan motor nya ke bawah. Lalu kita turun jalan sendiri. Setelah dibawah dan paket motor nya sampe, tinggal di buka deh paket nya. Motor aman, anda senang, expendisi meriang!!! ” terang Irawan Zhairah.tip turunan bagi biker trabas dan trail pemula

Eddo turut menanggapi bercanda postingan diatas bahwa turunan itu pasti kalau sudah menikah. “Anu mbak….kl sampeyan takut turunan….tips nya anda jangan menikah dulu….soalnya kl sudah nikah pasti punya ke turunan….. Hanya itu saran saya...,🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏” ujarnya. “Lagian napa mesti takut sih sama turunan? Keluarga saya aja yang sudah 7 turunan naik motor sejak dahulu kala aja gak pernah takut kalo besok turunan saya juga naik motor.….”pungkas Irawan Zhairah

Saya klo turun takut klo ada yg didepan sya.. takut nabrak dri blkng.. trus saya coba klo ada turunan sya yang paling depan.. ternyata malah lbih takut.. takut ketabrak yg belakang saya.. akhir nya saya coba sendirian aja.. lha saya klo sendirian jg takut.. ngg ada temannya” ujar Setia KurNiawan Bakti yang mengalami kebingungan hehehe.


Itulah temans tips di turunan dimana intinya beragam cara bisa dicoba. Mulai dari membangun tingkat kepedean, dituntun, menjaga kesimbangan tubuh, meminta tolong biker senior sampai cara paling ekstrim dimana menggelindingkan motor kebawah. Semua bisa dilakukan asal happy…hehehe.

Maturnuwun

Baca juga :
[display-post tag = trail]

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4012 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Kejadian-kejadian lucu dan tak terduga saat trabas atau ngetrail – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..