Tips perawatan motor habis mudik dari Honda, monggo disimak gans…

Tips perawatan motor habis mudik dari Honda, monggo disimak gans...

Tips perawatan motor habis mudik dari Honda, monggo disimak gans…Habis mudik pakai motor? cek bagian ini brosis. Bagi brosis yang mudik jangan lupa merawat Motor Kesayangan. Setlah berkilo-kilo meter jarak yang ditempuh tentu perlu perawatan agar kondisi motor kesayangan tetap prima. Nah berikut tips perawatan motor setelah melakukan perjalanan mudik lebaran dari Honda.

Tips perawatan motor habis mudik dari Honda, monggo disimak gans...Berikut tips – tips perawatan motor setelah melakukan perjalanan mudik lebaran. Monggo disimak brosis…

1. Ganti oli
Pada umumnya pergantian oli pada sepeda motor dianjurkan setelah 4.000 km, oli mesin harus diganti.

2. Filter Udara
Saringan udara saat ini biasanya adalah tipe viscous elemen, dimana filter udara mengandung semacam olie untuk memaksimalkan menyaring debu. Filter udara tipe viscous tidak perlu di semprot udara maupun dibersihkan secara berkala. Penggantian filter udara diperlukan guna memaksimalkan kinerja motor adalah tiap 16.000 km atau bisa lebih cepat (SDH menghitam sebelum 16000km) bila kondisi lingkungan/jalan yg dilalui sangat berdebu.

3. Rantai atau CVT
Rantai juga membutuhkan perhatian khusus, karena komponen ini sebagai penyalur tenaga dari mesin roda. Rantai jika aus segera ganti dengan yang baru berikut gear depan dan belakang ( gear set ). Rantai sebaiknya dilumasi setiap 500 km/seminggu sekali (lbh sering dilumasi saat musim hujan) dan untuk
CVT dibersihkan setiap 8.000 km & penggantianya setiap 24.000 km.

4.Cek Kampas Rem
Pengencekan bagian ini merupakan yang sangat vital. Ganti Kampas rem jika telah tipis.
Untuk disc brake, bila tabung reservoir olie dibdekat Handel rem sudah di posisi low maka waktunya ganti pad set/kampas cakram. Untuk kampas rem belakang/rem tromol dapat melihat indikator di bagian tromol rem.

5. Cek Kondisi Busi
Periksa kondisi busi dari keausan pada elektroda busi, meskipun penggantian busi menurut anjuran setiap 8.000 km (pada CBR 150R setiap 24000km). Lebih baik sebelum dan sesudah perjalanan mudik untuk memeriksa kondisi busi motor agar tenaga mesin selalu terjaga dengan baik.

6. Pengecekan Ban
Yang tak kalah penting dari bagian – bagian motor adalah keausan ban. Ada tanda yg namanya tire wear index, berupa segitiga kecil di dinding samping ban, bila di tarik ke tengah maka pada bagian alur tengah ban ada yg sedikit lbh tinggi dari alur yg lain. Apa bila bagian yg sedikit (sekitar 1mm) lbh tinggi di bagian alur tengah dari tanda segitiga SDH rata dengan permukaan ban, maka saat itu ban luar SDH waktunya ganti.

Tips perawatan motor habis mudik dari Honda, monggo disimak gans...“Kami menyediakan pit express bagi konsumen yang tidak mempunyai waktu dan ingin melakukan perawatan motor kesayangannya. Dengan Pit Express maka konsumen yang hanya ganti part fast moving seperti kampas rem, filter ataupun olie mesin dapat menghemat waktu karena ada disediakan jalur khusus untuk layanan ganti part tersebut. Konsumen dapat menghubungi AHASS terdekat. ” kata Satyo Prahnowo selaku TSD Division Head MPM.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..