Honda Tiger ini alami overheat di Tanjakan, simak solusinya brosis…

Honda Tiger ini alami overheat di Tanjakan, simak solusinya brosis...

Honda Tiger ini alami overheat di Tanjakan, simak solusinya brosis. Berkendara di tanjakan baik roda dua maupun roda empat seringkali ngeri-ngeri sedap terlebih dalam kondisi jalanan macet. Honda Tiger punya bro Aldi Firmansyah ini punya cerita ketika terkena macet di tanjakan daerah Puncak, Bogor yang menyebabkan motor sampai overheat. Nah monggo disimak apa sebab dan solusinya brosis…

Honda Tiger ini alami overheat di Tanjakan, simak solusinya brosis...Aldi Firmansyah bertanya mengenai kondisi overheat si Macannya pada grup facebook ‎Honda Tiger pada tanggal 08 Juni 2019. Monggo disimak…

Permisi suhu mau nanya lagi, ceritanya pas liburan di daerah puncak macet parah di tanjakan ada masalah di kopling dan pengereman.

1. Pas macet nanjak otomatis harus gantung kopling terus nah pas lagi nanjak eh tiba2 si tirev saya ada bunyi “tak tak tak” pada bagian mesin, lalu mesin mati di stater kaya gitu lagi engga kuat ngopling trus mati ada bunyi itu juga.

2. Rem cakram belakang tiba2 macet ga bisa muter rodanya.

Kira2 masalah di atas penyebabnya apa yah suhu? Rumah matahari, kampas kopling, kabel kopling dan oli baru semua.

Beberapa warganet menanggapi pertanyaan diatas khususnya pengaplikasian gear kecil. “kalau masalah nomor 1 itu karet kopling nya yg masalah,, soalnya sampean pake ger kecil dan posisi nanjak,, jadi beban kopling tambah berat… solusinya kalo nanjak lebih baik pake gear belakang yg lebih besar aja biar agak ringan, dan jangan pernah gantung kopling 😀🙏 ” ujar Yoga Mugi Pangestu.

Leo Agung juga menyatakan serupa bahwa kondisi nanjak seringkali kendaraan mengalami overheat.  “Umumnya,nanjak kalau gak macet mesin bakal santai melahap tanjakan.Kalau sdh macet & nanjak,motor yg ber-radiator macam CB150R pun bakal kewalahan.Ujung2nya klep bsa bengkok.Sy dulu milih sy tuntun,jalan kaki bentar smbil didorong.Drpd ongkos perbaikan dll..Sayang uang saku..” tambahnya.

Warganet lain menawarkan solusi bila kondisi macet maka mending istirahat dulu barang sebentar. “Kalau jalanan macet, cuaca panas apa lagi om. Serasa mesin overheat banget. Mending minggir dulu istirahat.” ujar Robet. Hal serupa juga dinyatakan oleh Agus Siswantoro Cobus Saka, “tiger dilarang gantung kopling setengah, lebih2 di posisi macet parah apalgi tanjakan… jika macet sebaiknya netral. jika tanjakan panjang dan macet parah.. berenti aja.. ngopi.. rokok samsu.. ojo kesusu… hehehe ” tuturnya. “Type mesin Honda Tiger perpendingin udara…jadi jika mesin lama dalam kondisi diam/macet akan potensi overheat..apapun merk motornya…apalagi jika ratio gear di rubah dan menjadikan beban mesin menjadi lbh berat…overheat akan lbh cepat terjadi. Solusi..diamkan sejenak..5-10 menit…biasanya ok lagi…” tambah Herdi Hartanto.

Sedangkan warganet Yon’s Bto mencoba memberikan analisa yang lebih panjang terhadap kejadian diatas. “penyebab utamanya, dari alur cerita yg ada…ada di stelan klep yg kurang tepat…ditambah pola berkendara yg kurang tepat juga..yg demen main stengah kopling/nahan koplng diantara masuk gigi..disini penyebab utamanya…macet ist macet…nanjak ist nanjak…dlm kondisi semacam itu…tetap adanya tehnik berkendara…efek dari semua ini…1 dari kekurang tepatan si stelan klep…misal kerapetan akan mengakibatkan panas berlebih..ditambah digantungnya kopling….walao sebenere tiger tidak mengenali istilah oferhit...” ujarnya mengawali cerita.

namun dlm kondisi cerita diatas ini beda…mustinya kan bisa ambil posisi netral dan tahan dgn rem depan…posisi tanjakan, macet…masuk gigi dan digantung/nahan dan menggunakan rem belakang dgn beban extra…pastilah si rem akan ikutan panas berkepanjangan…niscaya pasti akan macet..si piston pada kaliper belakang…kampas kopling habis, kaki 4 terkikis…rem macet…mesin oferhit, efek stelan klep yg kurang tepat…LENGKAPLAH…utamanya tehnik berkendaranya dlm kondisi dimaksud…itu yg harus dicermati…tapi semua sdh terjadi dan berlalu ya….” ujarnya lebih lanjut.

1 stellah klep pada in 0,10 dan ex 0,12..cek kondisi kampas kopling dan kaki 4 nya..lakukan reparasi kaliper dgn membongkar piston dan membersihkannya..gunakan oli mesin yg SAE-20/50 hal merk silahkan pilih ikuti selera….wslm. ” pungkas Yon’s Bto

Well, itulah mantemans Honda Tiger yang mengalami overheat di Tanjakan beserta solusinya yang dibagikan oleh para warganet.

Maturnuwun

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Cara bersihin kerak pada blok mesin Honda Tiger – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..