Tips aman dari begal di Lampung, bisa dijadikan alternatif brosis….

awas begal motor dimalam hari

Tips aman dari begal di Lampung, bisa dijadikan alternatif brosis. Bagi beberapa biker atau yang suka turing lintas Sumatra Jawa ada sedikit ketakutan dan kengerian dengan begal ketika melintasi Lampung.  Tidak sedikit kisah dan kejadian begal yang menggondol motor maupun melukai korbannya. Nah berikut beberapa Tips aman dari begal di Lampung yang bisa dijadikan alternatif brosis….

awas begal motor dimalam hariSalah seorang warga Lampung Timur bernama Rifanda Anugrah Ramadan membagikan tips aman dari begal di grup facebook BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 11 Mei 2019. Monggo disimak gans…

Karena gejil kesel dari lampung selalu identik dengan begal, berikut ane share cara cara agar aman saat berkendara saat malam hari, khusus nya pengguna sepeda motor,,.

1,tidak menggunakan helm
Hal ini bertujuan agar sang pelaku mengira bahwa si korban merupakan warga sekitar atau rumah nya tidak jauh dari lokasi, dan hal tersebut menjadi perhitungan tersendiri bagi pelaku. (note : cara ini aman dari begal tapi tidak dengan pakpol)

2,membunyikan klakson pada tempat tempat yang rawan begal (tempat sepi) hal tersebut agar pelaku mengira bahwa orang yg lewat adalah teman, kerabat atau saudara nya yg sedang lewat,, kan gak lucu klo pas lgi begal ternyata bapak nya sendiri yang di begal,,.

3,menyalakan lampu sen
Hal itu bertujuan agar pelaku mengira bahwa rumah korban sudah dekat atau ingin mampir ke tempat seseorang di wilayah itu, dan mereka akan menghargai orang orang yang kenal dan biasa berada di wilayah itu atau hanya sekedar mampir,,

4,gaspol
Ini cara paling ekstrem tapi bisa berbuah dengan keberhasilan, saat para begal menghadang, pacu motor dengan kecepatan penuh, mereka akan takut dan mengira korban akan menabrakan diri ke pelaku, saat hal itu terjadi cari celah dan pacu motor secepat yg kita bisa,, (note: pastikan rem anda tidak blong)

5,fast and furious
Karna modus kejahatan begal semakin berkembang kebanyakan dari mereka tidak lagi menunggu dan menghadang korban nya tapi juga mengejar dan menutupi jalan agar laju motor korban terhenti, yang harus di lakukan korban adalah menaikan skill berkendara nya 100% gaspol seakan akan kita sedang berada di sirkuit motogp jika korban beruntung dan benar benar mampu mengendalikan motor maka akan berhasil lolos dan bebas

BANDAR LAMPUNG
11 MEI 2019

Source: salah satu grup fb
Btw gejil org lampung timur mbah

Tips aman dari begal di Lampung, bisa dijadikan alternatif brosis....Beberapa warganet menanggapi postingan diatas. “Mbah nya cucu di daerah Kotagajah mbah , dulu pas Gejil kecil aja siang siang ada Begal mbah , korbannya Keluarga Gejil sendiri di daerah Punggur , yg dulu terkenal jalan Rusaknya. Padahal orang situ juga dengan Plat BE , masih aja di Begal ” ujar Arie Putra Wibowo. Sedangkan Rizkii Amiin Adiguna kurang setuju dengan pendapat diatas. “Saya ngga setuju dengan pernyataan 1,2,3 mbah. Krn kebanyakan begal tidak berasal dari tempatnya membegal. Mereka melakukan begal di luar daerahnya dan nggak pandang bulu mau helman atau enggak ” tuturnya.

Sedangkan Imamm Bjl menjelaskan bahwa motor ban cacing kemungkinan aman dari begal. “Biasa nya klo di lampung pake motor thailook ban cacing, Insa allah begal gak doyan ” terangnya. Sedangkan Muhammad Umam menyarankan untuk berkendara secara beramai-ramai. “Alhamdulillah gejil tinggal di lampung aman mbah, yg penting kalo jalan malem usahakan ramean, terus jangan pelan2 minimal 80km/h insyaallah aman hehehe ” tambahnya.

Jagad Krido Satriyo Wibowo menceritakan pengalamannya saat di Lahat.Klo di lahat percuma mbah, sy pernah ngobrol2 sm org tanjung enim. Plat sm2 BG klo blakang nya bkn kode daerah skitar bs d sikat jg😂😂😂. 2x solo riding lintas sumatera ms aman asal siang haha ” ujarnya.  Umam juga menceritakan pengalamannya. “gejil pernah jam 12 malem dari natar ke metro. lintas sumatra isinya truk, begitu belok di tugu keris gelap gulita, konon disitu rawan begal dan rawan kecelakaan mbah, satu satunya cahaya cuma lampu depan motor gejil mbah:v . gak punya sein gak punya klakson. mau gaspol yg keliatan cuma marka jalan. alhamdulillah gak ada begal tapi wkwk ” tambahnya.

ilustrasi begal motor

Puji Arisman menambahkan pengalamannnya. “Tak nyimak mbah. Gejil dulu pernah kirim barang ke menggala. Sopir asli situ pernah bilang kalo begal daerah situ gak pandang bulu. Mau plat luar ataupun plat bg tetap kena mbah ” tuturnya. Deri Al-Fattih menceirtakan mengenai perkembangan begal di daerahnya. “Tempat tinggal gedjil tepat di perbatasan, dimana dulu dalam sehari 3-5motor di begal adalah hal biasa. Ciri-ciri pelaku sudah tersebar luas, rekaman cctv di alfamart juga ada, korban pun sudah banyak yg melapor, tapi dari pihak berwajib seperti tak ada tanggapan. Sampe sekrang pun masih, tapi ga seganas dulu, jadi ya kudu waspada & hati2 aja kalo tinggal disini. Kunci motor biar udah masuk rumah wajib di cabut & sembunyikan. ” tuturnya.

Fiqri Fauzan menceritakan pengalaman temannya yang menjadi korban begal. “Tahun kemarin temen kerja gejil ada dibegal mbah, padahal jam 11 dan di daerah markas birmob. Motornya vario 110 saya ga tau yg old/techno. Dia bilang dia udah gaspol tapi motor sibegalnya lebih kenceng padahal begalnya boncengan. Terus pas lagi ngebut ngebutnya si begal nendang motor temen gejil sampe jatoh, habis jatoh temen gejil dipukulin/ditendangin abis itu motor dan hp diambil. Kasian mbah abis barang ilang dijalan ga ada yg nolongin, akhirnya dia jalan kaki kurleb 5 kiloan sampe rumahnya sambil pincang ” ujarnya. Hal serupa diceritakan oleh Reza AryaDinata, “oom saya polisi lampung. waktu itu dia lg pkk tinja rr +mkk jket komun nya. kena begal di rajabasa klo gk slh “ tambahnya.

Bantaran Part nanya terkait tips diatas. “tips apa berlaku untuk daerah mesuji mbah ? ” tanyanya. Hal ini langsung direspon oleh Rifanda Anugrah Ramadan, “Bantaran Part sepupu gejil tugas disitu mbah,katanya ampuh sih yg kyk gini ” jawabnya.

Harry Setiawan menambahkan tips yang lain.

Yang paling utama, pastiin dulu mau lewat jalan mana, jam berapa..

Saran sih kalo lewat lampung siang aja deh kecuali udah apal daerahnya lewat malem gpp apalagi rombongan.


Gejil sendiri kalo main malem cuma berani di sekitar rumah aja, trayek jauh paling bandar Lampung – metro – kota gajah. Tulang bawang – rawajitu. itupun ga lebih dari jam 8 malem di daerah tertentu (misal tegineneng, gunung sugih)

Btw, gejil ga bawa perabot aneh aneh buat bela diri, cuma bawa senter di kantong.

Salam dari lampung..

Well, itulah mantemans Tips aman dari begal di Lampung, bisa dijadikan alternatif brosis….Kita hanya bisa berdo’a dan berusaha agar terhindar dari kejahatan dijalanan. Namun takdir dari Tuhanlah yang menentukan…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4047 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..