Honda Astrea 800 dan kembarannya di Malaysia dan Thailand

harga bekas honda astrea 800

Honda Astrea 800 dan kembarannya di Malaysia dan Thailand. Sekilas membahas keluaga Honda Astrea jadul brosis. Mungkin mantemans familiar dengan Astrea, Astrea Star, Astrea Grand, Astrea Prima. Nah ada varian Honda Astrea 800 yang mengaspal di Indonesia rentang tahun 1983-1986.  Nah ditetangga sebelah yakni ada kembaran Honda Astrea 800 yakni Honda Custom C900 (Thailand) dan Honda Fame C90 (Malaysia). Monggo disimak gans…

honda astrea 800Salah seorang warganet Faisal Hendrik membagikan tulisannya di grup ‎BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 21 Oktober 2018. Doi bercerita mengenai bebek legendaris Honda era 90an yang disebut Honda Astrea 800 dengna kembarannya di Malaysia dan Thailand. Monggo disimak…

Mari kita bahas ini mbah…


Honda Astrea 800 C86 (Indonesia)
Honda Custom C900 (Thailand)
Honda Fame C90 (Malaysia)

Platform yang sama, yaitu mesin bertransmisi rotary legendaris C-Series buatan Federal Honda dengan rangka semi monokok(monocoque) dari besi ringan. Mengusung volume isi silinder 86 koma sekian sentimeter kubik, mereka masuk ke keluarga C90.

Persamaan dari mereka hanyalah pada bentuk keseluruhan, lampu depan dan varian warna merah, ya, pilihan warna merah disediakan baik PT. Federal Motor Indonesia, Boon-Siew Honda Malaysia, maupun APHonda Thailand saat itu.
Perbedaan dari mereka merupakan ciri khas dari masing² negara.honda astrea 800 dari malaysia

1. Astrea 800: mempunyai bentuk paling sederhana daripada lainnya. Ciri paling khas yaitu behel yg datar dan gaada variasinya sama sekali. Terdapat dua varian, electric starter dan engkel pada Astrea 800.

2. Custom C900: dia punya fitur paling melimpah diantara ketiganya. Sebut saja keranjang sayur depan yang lumayan besar utk menampung barang belanjaan saat berbelanja kebutuhan, compartment atau lemari atau rak penyimpanan yang terdapat pada bahagian belakang sayapnya. Rak ini berdimensi cukup besar, jika kita runut dari merk rival, rak ini malah diaplikasi pada Yamaha V80 super Deluxe “Robot” yang ada di Indonesia dengan dimensi yg hampir mirip dengan rak si Custom ini.

Behel dari Custom mempunyai desain yg mengalir dengan garis desain joknya. Desain tepong atau tutup aki Custom berbentuk lebih meruncing daripada ketiganya, karena itu, Custom mempunyai desain yg lebih sporty daripada ketiganya. Tapi, kekurangan dari Custom itu sendiri yaitu minimnya striping pada sekujur tubuhnya, jadi kelihatan ringkas atau kosong.

3. Fame C90: sebenarnya saya kesulitan utk mencari foto original dari Fame C90, tapi, berdasarkan teman saya org Malaysia, bentuk ori dari Fame C90 tak berbeda jauh dengan Astrea 800, perbedaan yg paling mencolok hanyalah bentuk behel atau orang sana menyebutnya “karier” yang menjulang keatas. Detailnya hanya pada badge Fame pada tutup aki dan C90 pada dasi atau dada Fame C90. Terakhir, absennya dudukan plat nomer depan dikarenakan regulasi negara mereka.

Sebegitulah pembahasan ngawur tentang ketiga bersaudara berbeda kewarganegaraan dari saya, apabila panjenengan-panjenengan mempunyai informasi yang lebih rinci dan lebih lengkap, dimohon untuk bersedia menambahkan di kolom komentar. Hatur nuhun.

honda astrea 800 dari thailandBeberapa warganet turut menanggapi postingan diatas. “Ibu gejil pernah punya Astrea 800 keluaran 1984 sampai tahun 2003. Ada banyak keretakan kaca speedometer dan bodinya gampang memudar. Lampu juga masih bohlam. ” terang Adhi Setyawan Nur Persada. Andhang Jatie juga turut menimpali, “Saya ndak punya info lebih rinci, cuma pernah numpaki astrea 800 Kurleb 1 tahun mawon 👍🏾 ” tuturnya.

Sekilas Honda Astrea 800 yakni menggendong mesin 4-stroke, OHC kubikasi 86 cc, mampu menyemburkan tenaga maksimal 6,8 hp @8500 rpm dan torsi maksimal 6,7 nm. Meskipun hanya 3 percepatan saja namun bisa ngacir antara 80 km/jam (pengalaman pribadi). Ini merupakan bebek yang advance pada jamannya yakni sudah pakai CDI 12 volt.

harga bekas honda astrea 800Dulu ketika jaman SD tahun 90an yang punya motor ini hanya pak Inggi alias pak Lurah saja. KHS tahu motor ini sering dipakai sebagai motor dinas maupun ketika sedang kesawah. Nah ketika kuliah tahun 2000an ada teman yang bawa dan seringkali KHS pinjam untuk wira-wiri. Meskipun motor tua tapi larinya sungguh perkasa dan suaranya masih sangat halus. Sekarang harga bekas motor ini kisaran antara 2 hingga 6 jeti tergantung kondisi

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3992 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..