Yuuk pahami fungsi lampu dekat dan lampu jauh pada kendaraan kita brosis

Yuuk pahami fungsi lampu dekat dan lampu jauh pada kendaraan kita brosis. Mantemans yang punya kendaraan baik roda dua maupun roda empat tentu paham bahwa kendaraan kita dibekali oleh dua lampu yakni lampu dekat (low beam) dan lampu jauh (high beam). Kedua jenis lampu ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda agar keselamatan berkendara dijalan raya dapat terlaksana. Maka Yuuk pahami fungsi lampu dekat dan lampu jauh pada kendaraan kita brosis


Lampu merupakan salah satu perangkat penting pada kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor. Lampu berfungsi sebagai penerang bagi pengendara yang melintas di jalur gelap terutama pada malam hari.

Arah sinar lampu kendaraan dapat diatur dalam dua pilihan. Pertama, Low Beam, sinar lampu menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang akan dilalui pengendara, atau biasa kita sebut lampu dekat.

Kedua adalah High Beam. Sinar lampu pada high beam ini menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu), atau biasa kita menyebutnya lampu jauh.

Lampu dekat, digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang ramai lalu-lintasnya. Sementara lampu jauh, digunakan pada jalan-jalan yang sepi dan minim penerangan.

lampu jauh dilarang digunakan di jalan-jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengandara lain dari arah yang berlawanan. Karena sinar terang pada lampu jauh dapat menyebabkan pengendara di depan terganggu penglihatannya karena silau.Yuuk pahami fungsi lampu dekat dan lampu jauh pada kendaraan kita brosis

Pada orang yang mengalami gangguan mata astigmatisme (bahasa awamnya mata silinder), kesilauan yang dirasa akan lebih intense. Orang dengan mata silinder akan terganggu pandangannya jika berhadapan dengan cahaya terang. Pada kasus tertentu, orang bermata silinder akan tertutup seluruh pandangannya. Pada kasus lain, sinar terang akan membuat pandangan matanya jadi gelap total.

Kecelakaan sangat mungkin terjadi dalam kondisi seperti ini. Celakanya lagi, jumlah pengidap astigmatisme ternyata sangat banyak sekali di dunia ini. Wikipedia menyebut, satu dari tiga orang di dunia mempunyai gangguan mata silinder dalam berbagai tingkatan.

Oleh karena itu, untuk keselamatan kita bersama, gunakan lampu kendaraan secara benar. Usahakan selalu menggunakan lampu dekat, lampu jauh hanya digunakan dalam keadaan tertentu saja atau dalam keadaan terpaksa. Mohon bantuannya untuk ikut berbagi agar semakin banyak orang yang tahu cara menggunakan lampu kendaraan.

lampu-headlamp-honda-supra-gtr-150-tahun-2016Intinya kita mesti bijak menggunakan lampu jauh dan dekat ini brosis. Secara default dari pabrikan pasti di setting low beam namun tidak sedikit yang iseng dengan mengaktifkan high beam. Kalau KHS biasanya sering memakai high beam ketika malam hari lewat tengah hutan yang berkelok-kelok jalanan serta kondisi sepi. Hal ini sangat membantu ketika kita juga high speed sehingga bisa sigap ketika ada jalan bergelombang atau hal-hal tak terduga didepan.

Maturnuwun

sumber : Divisi Humas Polri (20 Feb 2016)

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4050 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

3 Comments

  1. Tidak sedikit saat ini kendaraan lampu low beam rasa high beam masgan..
    Meskipun lampu dekat yg dinyalakan tapi arah sinarnya ke atas..
    bukan menyinari jalan tp kate golek lowo.. -,-

  2. pernah ketemu pengendara pake lampu cree dipasang di stang sinarnya lurus ke depan. pake mode blits lagi. pengin ngadu motor rasanya.. bego bener dia

Monggo dikomeng gans..