Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosis

Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosis

Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosis. Bila brosis sudah pernah membaca Daftar kode kesalahan sistem injeksi pada Yamaha Aerox 155 VVA maka kadang akan bertemu dengan kode horror #12. Ada beberapa penyebab muncul kode error 12 ini brosis yang tentu berpengaruh terhadap performa motor. Nah monggo disimak Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosis.

Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox, coba periksa bagian ini brosisWarganet Ifelia Achorling mengunggah pengalamannya terkait kode error #12 pada group facebook ‎Yamaha Aerox 155 Indonesia. Doi bercerita panjang lebar terkait kemunculan koder error #12 yang ternyata disebabkan oleh pengaplikasian busi alias plug spark yang berbeda tipenya. Monggo disimak pengalaman yang diunggah di forum pada tanggal 18 Pebruari 2019 ini.

[SHARING] di sini juga

Buat pelajaran saja bagi semua.

Kemarin Aerox ane (Tipe std 2018) tiba – tiba mati di tengah jalan indikator tachometer/RPM ngedrop drastis. Kemudian ane coba starter gak bisa – bisa. Kondisi motor standar gak ada pasang variasi kelistrikan kecuali cuma ganti lampu senja & nopol ke LED. Status fuel 3 strip, odometer 15 ribuan, indikator spedometer gak muncul kode apa”, dan Fuse tdk ada yg putus. Setelah itu malemnya saya bawa jalan tuh Aerox akhirnya malah muncul “kode Error 12” (horror banget) di tengah malem pula.

Keesokan pagi (hari ini) saya check error 12 udah hilang. Ane coba bawa ke beres terdekat motor mati lagi di tengah jalan gan. Ane minta check ke beres terdekat ternyata shocket CPS dlm kondisi ok gak ada yg gosong/korslet, spull juga fine, switch standar samping good aja, ECU pun juga kondisi sehat. Setelah di check dg diagnostic tool seluruh kelistrikan gak ada yg bermasalah. Namun baru diketahui penyebab masalahnya oleh mekanik beres lain yaitu Spark Plug a.k.a busi yg dipake selama ini tdk sesuai untuk Aerox 155.busi alias spark plug yamaha aerox 155 vva

Ane heran padahal yg ganti busi sekaligus pasangin tuh mekanik di beres langganan ane servis rutin dulu loh. Jadi disini saya pikir ini krn kesalahan mekanik beres langganan ane selama ini yg memasang busi tdk sesuai dg motor ane. Dan setelah itu ane komplain kesana dan mereka memberikan plug spark cadangan secara free buat ane.

Tapi ane berharap itu untuk terakhir kalinya. Dan ane putusin pindah ke beres lain meski jauh dari rumah. Busi yg dipasangin sama beres dulu pas KSG 4 atau 10 ribu km yakni busi NGK CR7E yg umurnya pendek cuma bisa dipake 5 ribu km doank krn tdk sesuai standar.

Biarpun Spark Plug/busi standar rekomendasi dari pabrikan Yamaha (NGK), Tapi kalau tdk sesuai peruntukan atau salah tipe/seri busi buat Aerox 155 bisa menimbulkan masalah jangka panjang ke depan.
Jadi berhati – hati dan telitilah buat member dimari 👍

#error12 #kodeerror12 #gakbisastarter #sparkplug #busi

Mengacu pada daftar kode eror pada sistem injeksi Yamaha menyebutkan bahwa kode error # 12 : terdapat masalah pada Crankshaft Position Sensor (CPS) / pulser , sinyal yang diterima CPS tidak nonnal. Beberapa warganet menanggapi postingan diatas. “Wohh kasus baru, kode 12 ane malah gara² kipas pully susag muter jadi kebaca eror ” ujar Pras Aditya.

Ifelia Achorling menjelaskan bahwa kemunculan kode erro 12 banyak sebab. “Banyak sekali faktornya gan timbul error 12. Ada yg krn baut CVT kekencengan, efek pake monoshock, kabel digigit tikus, shocket hangus, korsleting gegara aksesori kelistrikan, abis cuci steam, dan yg baru ini krn busi yg gak sesuai. Horror gan ” terangnya.

Arya Herwanto mengungkapkan pengalaman serupa. “Sama gua juga dulu gitu ganti busi di dealer begitu siap gantu busi motor brebet terus begitu di bawak kebengkel langganan rupanya busi kharisma kw yg dipasangin kesel banget gua ” tuturnya. Muhammad Thoriq memutuskan mengganti busi dengan tipe lain. “Wahhh sejak KSG yg 10k saya udah ganti ke Brisk AR10S-9 ” ujarnya menimpali obrolan.

Terkait busi Budi Junaedi Sutarjo menegaskan bahwa ada pengaruh dengan performa motor. “Emang busi juga pengaruh….maksud saya kemaren ganti busi karena udah satu taunan, tapi salahnya saya beli yg abal Abal( daytona ) dan hasilnya ko ECO meter malah berkurang ...” tukasnya.

Itulah mantemans bila Muncul kode error 12 di Yamaha Aerox maka coba dicek bagian busi yang mungkin beda tipe.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5692 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Motor Yamaha Aerox 155 suka mati sendiri saat jalan atau tarik gas, apa solusinya? – setia1heri.com
  2. Kode error 12 muncul di Yamaha Lexi, berikut solusinya brosis… | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..