Wahai ukhti, perhatikan gamis,kerudung, hijab atau jilbabmu saat naik sepeda motor biar tidak celaka

Wahai ukhti, perhatikan gamis,kerudung, hijab atau jilbabmu saat naik sepeda motor biar tidak celaka

Wahai ukhti, perhatikan gamis kerudung, abaya, hijab atau jilbabmu saat naik sepeda motor biar tidak celaka. Wahai ukhti (saudariku), muslimah yang naik motor dengan memakai kerudung, gamis, hijab atau jilbab lebar maka hendaknya memperhatikan agar tidak tambah celaka baik celaka diri sendiri maupun mencelakakan orang disekitarnya karena lampu sein tertutup kain.  Oleh karena itu Wahai ukhti, perhatikan kerudung, gamis, hijab atau jilbabmu saat naik sepeda motor biar tidak celaka.Wahai ukhti, perhatikan gamis,kerudung, hijab atau jilbabmu saat naik sepeda motor biar tidak celakaSekedar himbauan untuk wanita berjilbab lebar

oleh Fathi Yazid Atamimi
.
Wanita berjilbab mulai banyak, Termasuk pula model jilbab lebar, Entah dilengkapi cadar, Atau ga bercadar. Umum sudah saya jumpai di kota-kota besar atau kota-kota setengah besar setengah kecil. Lalu lalang akhwat-akhwat ghuroba itu berjalan kaki atau bermotor ria, Ada yang tertib berkendara, Ada pula yang kurang tertib.
.
Saya mau menghimbau soal keselamatan berkendara motor pada akhwat berjilbab dan mengenakan abaya lebar :
.
1. Jangan sampai jilbab lebar ukhti MENUTUPI LAMPU RITING BELAKANG !
.
Kasus terbaru seorang kawan, Istrinya jungkir balik salto dan berdarah-darah setelah motor yang dikendarai si istri itu ditabrak mobil. Usut punya usut, Bukan mobilnya yang salah. Karena si istri dari jalur kanan hendak masuk ke sebuah gang di sebelah kiri. Beliau sudah memberi lampu riting tapi tidak terbaca oleh mobil penabrak karena lampu riting motornya tertutup jilbab lebarnya !
.
2. Hati-hati dengan abaya panjang ukhti.
.
Banyak kasus abaya atau jilbab lebar akhwat masuk ke rantai motor. Dialami sendiri oleh istri saya Ummu Quraisy dan adik saya Munaa Yazid Attamimi. Yang saya sebut terakhir itu malah sampai saya potong abaya nya karena ga bisa dilepas dari rantai, Dan waktu kejadian saya yang membonceng beliau hampir terjungkal karena motor berhenti mendadak dalam kecepatan tinggi.

Tapi kasus paling parah dialami saudara saya. Beberapa gigi depan istrinya rontok setelah jilbab lebarnya masuk ke jeruji dan rantai motor.
.
3. Tas selempang yang sebagaimana namanya, Biasa diselempangkan ke pundak itupun bisa beresiko tinggi terutama bagi akhwat.

Biasakan mengenakan tas selempang dengan melampirkan dari pundak kanan ke pinggang kiri atau sebaliknya, Alias tidak dicantolkan begitu aja dipundak dan menjuntai ke bawah.

Kasus lama yang saya masih ingat betul, Seorang kawan saya meninggal setelah tas selempangnya terlepas lalu tersangkut spion mobil yang melintas sehingga beliau rahimahumUllah terjatuh lalu terlindas mobil lain.
.
4. Pakai celana panjang longgar didalam rok/ gamis kita, bila berkendara angkat rok/gamis tersebut sebatas lutut atau duduki agar tidak menjuntai lagi. Atau ikat ujung rok/gamis tapi jangan terlalu ketat, agar tidak berkibar-kibar dan beresiko tersambar kendaraan lain.
.
5. Duduki juga jilbab panjang ukhti atau pakailah jaket berkendara ukhti sehingga jilbab atau khimar tidak menjuntai atau berkibar-kibar.

Monggo diteruskan dan disebarkan, Demi keselamatan para wanita muslimah kita yang seharusnya kita jaga serta lindungi dengan izin Allah.


Tambahan :
Bukan berarti pas naik motor melepas jilbab atau memakai pakaian yg ketat tapi silahkan diatur pakaiannya ketika naik motor atau motor rantainya dberi penutup biar kain tidak masuk.

Hingga tulisan ini diketik postingan di facebook Mas Say Laros Banyuwangi tertanggal 20 januari 2019 telah memantik 1,3 tanggapan dari warganet. “Iya saya pernah bonceng rok kena ruji roda ..padahal sudah saya rapikan waktu bonceng ..seiring perjalanan rok ada yg masuk ruji roda..yg saya rapikan pun ikut masuk ruji roda..saya pas mo jatuh .. Alhamdulillah bisa berhenti..dan selamat ..pengalaman pribadi…sejak saat itu Klo naik motor saya pakai celana ..dan baju atasnya yg tidak njuntai ke tanah…saya pakai baju n kerudung lebarnya Klo pas g pakai motor…mau gimana lagi…” tutur Bekti.

Beberapa warganet yang pernah celaka dan menjadi korban turut memberikan testimoni. “Dua minggu yg lalu saudara saya boncengan sama anak ya.mau nengok saudara dirawat di rs. Pke baju gede krudung lebar. Ga sadar baju ya kelilit di ban pas pekolan jatuh. Anak perempuan jatuh lari ke sawah ibuya jatuh ketimpa motor. Kepalaya bocor kena besi samping motor. Ga lama di bawa ke rs. Muntah 2.ga sadar malem jam satu lewat meninggal dunia. ” ujar Agus Sulaiman.

Eny Rahma Sari Nasution
Saya pernah ngalaminnya😥😭, rok saya masuk ke dlm rantai kreta dan saya jgn ditanya lagi, Alhamdulillah Allah masih memberi saya kesempatan.

Musafir Cinta Musafir Cinta
Ini aq sndiri mngalmi.. Alhmdullah cmn tangn patah.. Ini semua bisa buat pljran…

Nur Aisah
Aku jg pernah waktu masih malu pake cleana panjang pakenya onder terus kelilit masuk rantai tapi allhamduliah cuman robek ondernya jadi ga sampe jatuh

Nur Hidayati
Kisah nyata baru seminggu ibu2 di pondok meja Jambi jilbab panjangnya msk rantai motor jatuh dr blk ada mobil kec tinggi bres ditumbur langsung ninggal d tempat

Nova Erlianti
Ingat sama saya dulu jg pernah kayak gitu…pakek rok gak sadar rok nya keputar sama rantei motornya …dan untung aja tuhan masih ngelindungi…semakin lama saya rasakan rok saya semakin menyempit…da saya minta berhenti sama abg ojek nya…ternyata rok saya dah digulung jari2….masih inget banget…kejadian itu…sekarang tiap kali pakai rok saya selalu lebih hati2 lagi takut kejadian lagi….

Marni Equisetifolia
aku pernah kayak gitu aku jatuh dari motor dan tindih motor aku di bawah suami terjatuh anak terlempar dari motor yang setop menadak pas aku bangun dari motor aku baru sadar tangan ku patah 3 bulan lebih baru bisa normal kembali tangan ku ini aja msih sakit

Meskipun sudah tahu bahaya semacam itu namun ada pula yang belum sadar ketika diingatkan bahkan ada yang melotot. “Q pernah ngingetin ibu” pake krudung panjang .awas kalo kerudungnya masuk ke roda. Eee….malah dipelototin 😷😑 ” ujar Bachddim.

Well, semoga menjadi perhatian seluruh  muslimah yang memakai gamis, kerudung, hijab atau jilbab lebar ketika akan mengendarai sepeda motor. Mari utamakan selamat sampai tujuan.

Maturnuwun

Foto : tribunnews.com, otomania

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3832 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..