Daftar tipe ban dirt bike alias ban trabas atau offroad

Daftar tipe ban dirt bike alias ban trabas atau offroad. Bagi brosis yang suka trabas dengan motor baik untuk aktifitas offoad, cross atau trial maka perlu menyesuaikan ban yang dipakai. Hal ini agar aktivitas main2 lumpur dengan motor alias dirt bike bisa memuaskan karena tidak salah pilih ban. Orang awam menyebutnya ban tahu namun ternyata ban tahu ini banyak jenis dan variannya…hehehe. Nah berikut Daftar tipe ban dirt bike alias ban trabas atau offroad.

Daftar tipe ban dirt bike alias ban trabas atau offroad

  1. Ban tipe trial, optimal dimedan berbatu, atau permukaan yang keras, termasuk tanah kering, kurang cocok digunakan pada batuan sungai yang berlumut/lembap, apalagi ditempat yang berlumpur.
  2. Ban tipe cross, lebih sering digunakan pada event motocross, cross country single track termasuk trabasan 😁, dimana motor dipacu pada RPM-RPM tinggi, intinya buat kebut deh. Pada lintasan enduro yang rapat, ban terkesan lebih banyak spining. Punya masa pakai paling lama, selama konturnya masih ada fungsi dari ban tetap normal, bahkan bisa dipakai buat gojek 😁 karena lebih tahan lama.

    Ini motorTrail…
  3. Ban tipe enduro all terain, cocok digunakan disemua medan, tipikal kontur mirip ban motocross tapi space nya lebih jarang, fungsinya agar mendapat traksi maksimal ketika start, dari nol horse power ke horse power maximum, dan agar lumpur tidak mudah menempel. Sangat baik digunakan buat lompatin batu/log baik kering maupun basah, lebih baik dari ban trial karena punya cakupan medan yang beragam termasuk daerah berlumpur, sehingga motor punya jangkauan jelajah yang luas. Hanya saja fungsi ban cepat berkurang ketika sudut kontur ban aus, biasanya hanya optimal di 15 jam pertama, tapi ada tips biar ban enduro bisa dipakai ulang biar hemat 😇, sudut kontur/tahu ban bisa dibentuk lagi pake gerinda.
  4. Ban tipe duall-sport, dapat digunakan pada medan aspal dan juga track tanah yang tidak terlalu ekstrim, biasanya jadi part OEM pada motor trail duall-sport. Contohnya ban di motor Kawasaki KLX

Itulah mantemans daftar tipe ban dirt bike alias ban trabas atau offroad. Beberapa warganet menimpali tentang pembagian jenis ban untuk trabas diatas. “Yo tetep ban trial sek paleng enak d segala medan,d 803,micelin,irc po goldentyre,muantab ” kata Aan Uye. Sementara warganet lain Ega Klx berpendapat serupa, “Siapa bilang ban trial tidak cocok untuk jalur dan licin, lumpur + batu. Ban trial Dunlup D803 GP ” ujarnya. Sedangkan Maz Andie lebih menekankan pada kemampuan joki, “Semua tergantung jokine…apapun bannya 1234 tetep oke” pungkasnya.

sumber : Rudias Dg Macora > ‎KTOI ( Komunitas Trail Odhong-Odhong Indonesia) (23/20/17)

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..