Ganasnya tanjakan lama jalur Sarangan – Cemoro Sewu, Mobil mewah pun bertumbangan brosis…

Ganasnya tanjakan lama jalur Sarangan – Cemoro Sewu, Mobil mewah pun bertumbangan brosis. Beberapa foto dramatis di tanjakan lama Sarangan, Magetan dimana beberapa mobil mewah seperti fortuner mesti didorong pak polisi yang baik hati karena gak kuat melibas tanjakan. Entah karena skill drivernya masih pemula ataukah memang kendala teknis dengan mobilnya. Dan berikut cuap-cuap warganet di grup facebook Motuba…

Tanjakan lama ini memang sangat curam brosis tepatnya ada di jalan raya Sarangan – Mojosemu kearah Cemoro Sewu. KHS sempat tersesat dijalan ini ketika turun gunung dari Telaga Sarangan karena mengikuti gps tahun 2013 silam. Saat itu bersama Milestone sempat ketar-ketir karena kewatir disc brake kepanasan trus gak pakem. Lha turunan saja curam apalagi naiknya..sudut kemiringan kurleb 30 an derajat brosis.

Sebuah foto yang di posting oleh warganet Yuni Beras Tani di grup facebook BERITA MAGETAN menggambarkan keganasan tanjakan lama magetan ini. Beberapa warganet di grup facebook Motuba sebagian besar memberikan penilaian bahwa skill driver sepertinya kurang lihai sehingga berakibat semacam itu. “Mungkin main gigi dan persnelingnya kurang cantik tu mbah, cucu pake espass 95 dah 4 kali lewat situ isi 4-5 org lancar…jaya ” ujar Fandi Ehmed

“Tanjakan jalan lama memang butuh skil driver yg hebat ..butuh handbrake yg normal ..karna kondisi jalan tersebut bikin panas dingin saat macet ..saya sendiri pernah pakai jazz at ..saya hajar dr bawah kondisi shift sudah di L posisi di pertigaan puncak mau jalan baru sudah gak bisa naik ..”tegas Maz Nug.

“itu fotonya keliatanya tanjakan yg dari tlogo sarangan ketemu jalur utama…tahun 2013 saya pake luxio isi 7 orang bisa baik tuh di tanjakan itu ” kata Hendri Yanto

Warganet lain mengamini terkait skill driver ini. “Setuju… Pengalaman bawa panther 92 ngawal Fortuner ke Bromo ada 1 tanjakan curam banget fortuner ga kuat harus mundur ambil ancang2 lagi. Ternyata pas saya tanya sopir baru mindahin ke gigi 2. Kondisi penumpang penuh ac ga dimatiin… ” kata Aboy Arief.

sementara warganet lain berbagi pengalaman menghadapi tanjakan dimana agar stay tune di gigi 1 saja. “Sy pake honda excellent thn 83 aja oke kok. Triknya dr bw gigi 1 smp ats, jgn pke RPM tinggi, injak sesuai ketinggian. Jg jarak yg agk jauh dg dp ytk antisipasi jk dp berhenti kita msh bisa trs nanjak menyalip dpnnya. Rata” yg nanjak gk kuat krn dr bwh masuk 1 kmdn ke 2 gk kuat lg ke 1 lg, pdhl kita sdh kehilangan moment utk pindah gigi lg. Mhn maaf jk salah..” ujar pengalaman Ridwan Mochtar.

well, dari foto tersebut memang membuat ngelus dada dan akhirnya menambah pekerjaan bapak polisi yang sedang berjaga. Memang sih itu sudah tugas pak polisi yang baik hati tapi kalau skill driver mumpuni tentu tidak merepotkan orang lain.

Mungkin penginnya bypass ke Cemoro Sewu via jalur lama padahal jalur baru yang dibuka tahun 2005 cukup landai dan aduhai juga meskipun memang agak memutar jauh. Tapi semua terbayar dengan view yang indah pegunungan lawu brosis.

Well, semoga menjadi perhatian bersama agar siap siaga selalu ketika melahap tanjakan. Jujur KHS sendiri juga masih belum lihai menghadapi tanjakan sehingga masih taraf belajar juga…xixixi.

Maturnuwun

baca juga :

 

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5686 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Kumpulan review dan test drive Wuling Confero S tahun 2017 – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..