Begini cara menata barang di box, sidebag, sidebox atau pannier bagi yang mau turing

Begini cara menata barang di box, sidebag, sidebox atau pannier bagi mantemans yang pengin atau akan pergi turing dengan motor.  Motor turing biasanya dilengkapi dengan top box, sidebag/sidebox atau pannier untuk membawa perbekalan selain sebagai identitas. Nah agar tepat dan pas dalam menata barang, berikut ada tips dari mastah turing Bro Riza Amrullah yang diposting di KOMBO dibawah ini. Yuuk simak…

Menata Barang Bawaan

1. Pisahkan barang sesuai kelompok. Contoh: charger dengan charger beserta kabelnya. Peralatan mck: sabun beserta pasta gigi; sikat gigi; shampoo; pisau cukur; busa cukur dan sabun cuci. Pakaian dalam beserta kaus kaki dan saputangan.

2. Masukkan semua barang tiap kelompok, masing-masing ke dalam satu kantung plastik. Tujuannya agar tetap kering jika hujan, juga mengantisipasi kebocoran bagasi (box/bag/pannier).

3. Tempatkan barang dalam tumpukan sesuai dengan bobotnya. Yang paling berat berada di tumpukan paling bawah.

4. Tempatkan barang yang paling sering diambil pada bagasi (box/bag/pannier) sebelah kiri. Tujuannya agar jika perlu mengambil barang tersebut, maka posisi kita ada di sisi kiri. Bukannya di sisi kanan yang rawan terserempet kendaraan lain.

5. Bagasi (box/bag/pannier) kanan berisi pakaian ganti dan barang lain yang diperlukan hanya ketika kita tiba di tujuan atau penginapan. Contoh: komputer notebook, sandal jepit, kompor portable beserta gas-nya.

6. Tenda dan dufflebag berada dalam satu ikatan dengan satu set tali pengikat. Posisi matras dan tripod berada pada susunan paling atas, agar memudahkan ketika hendak digunakan. Satu ‘bungee cord’ merk Hebe sudah cukup untuk mengikat semuanya.

7. Bagi yang tidak punya bagasi (box/bag/pannier), prinsipnya sama saja. Yaitu, tempatkan barang dengan urutan yang paling berat berada di paling bawah.

Semoga berkenan***

sumber : Riza Amrullah  di â€ŽKomunitas Motor Box Indonesia

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. kelebihan dan kekurangan roof box pada mobil, monggo disimak gans… – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..