Waspadai 3 hal ini bagi turinger, mudiker dan driver perjalanan jarak jauh agar terhindar dari kecelakaan.

Waspadai 3 hal ini bagi turinger, mudiker dan driver perjalanan jarak jauh agar terhindar dari kecelakaan.

Bagi mantemans yang hobi turing, para pejuang mudik dan para pejuang mudik harap mewaspadai 3 hal ini dalam perjalanan. Dalam perjalanan turing atau mudik tentu kita semua berharap budal moleh selamet alias Pulang Pergi dengan selamat. Yuuk coba kenali bersama yah mantemans 3 hal tersebuttips perjalanan jauh untuk turinger, mudiker dan driver 2016

Yang paling sering di alami oleh driver/penunggang motor saat melakukan perjalanan jarak jauh adalah beberapa hal berikut ini.

  1. Micro sleep – di mana saat mengemudi/berkendara sang pengemudi akan mengatupkan mata’y utk sepersekian detik saja namun akibat yg di timbulkan bisa anda bayangkan sendiri jika kecepatan sedang tinggi.
  2. ABS / Automatic Behaviour Syndrome : kejadian di mana si pengemudi mata tetap terbuka namun pikiran blank karena tingkat konsentrasi sudah mulai berkurang.
  3. Blind spoot / titik buta : sebuah titik di mana kendaraan lainnya tidak terlihat oleh kendaraan di depannya dr spion.

Hal” yg perlu di hindari dan anjuran dalam perjalanan jauh baik itu Turing atau mudik.

  1. 1.Hindari membawa muatan berlebihan karena juga akan menambah beban si pengendara (khusus yg naik motor) dan membuat si pengendara lbh cepat lelah.
  2. 2.siapkan kondisi fisik anda dan juga kendaraan nya.
  3. 3.biasakan waktu riding maks.2.5jam saja dan beristirahat lah walaupun hanya sekedar mengisap sebatang rokok dan minum (untuk mengembalikan konsentrasi rekan” sekalian) karena tanpa di sadari anda akan merasa mengantuk jika terus terkena getaran mesin secara konstan (jadi seperti di usap” seperti anak kecil saat akan tidur)
  4. 4.Hindari jg mengkonsumsi makanan / minuman yg berlebihan dr segi rasa,seperti makanan pedas / minuman yg rasanya membuat perut tidak nyaman.CWaspadai 3 hal ini bagi turinger, mudiker dan driver perjalanan jarak jauh agar terhindar dari kecelakaan.Cukup perbanyak minum air mineral dan sedikit minuman pengganti ion tubuh (ingat bahwa kebanyakan penyakit driver / pengendara motor adalah ginjal,hal ini di sebabkan kurang nya pasokan cairan utk tubuh)
  5. 5.lakukan riding mapping dan tentukan jalur yg akan di lewati dan juga check point nya.

Kenali tingkat kemampuan berkendara diri anda sendiri dan juga fatigue management (siklus stamina tubuh manusia) agar aman saat melakukan perjalanan jauh.

Bacaan: fb bro Syam Kurniawan

\Contact KHS/
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : [email protected]; [email protected]
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..