Tawan, si manusia robot alias cyborg dari Bali

I Wayan Sumardana alias Tawan seorang tukang las dari Bali ini membuat tangan robot sendiri. Hal ini bermula 6 bulan silam tangan kirinya mengalami kelumpuhan. Untuk membantu pekerjaannya inilah ia yang lulusan STM ini membuat tangan robot dari barang bekas.   Dia memiliki bengkel di di bengkelnya di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali. Oleh warga sekitar ia sering disebut sebagai Manusia Robot atau Cyborg kalau bahasa kerennya…hehehe.

I Wayan Sumardana alias Tawan seorang tukang las dari Bali

Mengutip Tempo.co (17/1), Tawan merancang sendiri tangan robotnya dari barang bekas, seperti komputer, dinamo dan bagian-bagian dari sepeda motor. Dalam kesempatan itu Wartawan Tempo, Johannes P. Christo diperlihatkan oleh Tawan chip yang dipasang di kepalanya untuk menggerakan tangan robotnya. Robot tangan buatannya digerakan dengan sinyal dari kepalanya yang dihubungkan dengan kabel dan rangkaian elektronik. Bagian siku dari tangan kiri Tawan digerakkan oleh gear yang saling terhubung untuk membantunya bergerak saat bekerja.

Tawan tukang las dari bali bertangan robotSelain mengelas, keahlian Tawan mulai dari memperbaiki perabot rumah tangga, barang elektronik hingga sepeda motor. Pria lulusan Sekolah Teknologi Menengah (STM) yang ahli elektronika ini bekerja sendiri dengan bantuan tangan robotnya untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan ketiga anaknya dengan mengelas dan mengumpulkan barang bekas.

Tentu kreatifitas semacam ini perlu diacungi jempol karena ini sebuah karya seorang lulusan SMK. Semoga tidak diberangus karena belum standar SNI….hehehehe.

Maturnuwun

Foto : tempo.co.id



Contact KHS :
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4070 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Analisa ini meragukan kebenaran tangan robot punya Tawan….Entahlah…. | khsblog :-D
  2. Unsorted news | Beastcourt News

Monggo dikomeng gans..