Ini rancangan kurikulum Bela Negara dari PAUD hingga Perguruan Tinggi

Lagi hangat membahas kurikulum Bela Negara dari PAUD hingga Perguruan Tinggi. Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Ryamizard Ryacudu ini sedang menggodog kurikulum bela negara yang ditujukan untuk semua tingkatan mulai dari usia PAUD hingga Perguruan Tinggi. Berikut point-point yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kemenhan Mayor Jenderal Hartind Asrin sebagaimana dilansir oleh Harian Jawa Pos (7/1).

draft kurikulum bela negara versi kemenhan tahun 2016 untuk PAUD hingga Perguruan Tinggi

Usia PAUD dan SD terdapat 5 nilai dasar yang ingin ditanamkan yakni cinta tanah air, rela berkorban, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin dengan ideologi pancasila dan UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika.  Model pengajaran seperti di Singapura dan Amerika.

Sedangkan terkait dengan kurikulum di tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi akan disesuaikan dengan kurikulum yang sudah ada seperti wawasan kebangsaan dan agama. Namun akan ditambahkan unsur-unsur yang belum ada seperti Sistem Pertahanan Semesta (sishanta), kepemimpinan berkarakter, intelejen dasar atau badan pengumpul keterangan (bapulket).

Kabarnya kurikulum diatas sedang dalam koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga bisa diterapkan dalam kurun waktu 2016. Selain itu untuk usia PAUD dan SD, pihak Kemenhan melibatkan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Demikian mantemans sekilas inpoh mengenai draft rancangan Kurikulum Bela Negara Indonesia !

Maturnuwun

———————–

Contact KHS :
Main blog : http://www.setia1heri.com
secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : [email protected] ; [email protected]
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..