Peringati Hari Batik, AHM gelar membatik bersama Sahabat Satu Hati di Jakarta Utara

Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 oktober diperingati semua insan di Indonesia. Termasuk AHM bersama dengan sekitar 200 Sahabat Satu Hati mengadakan kegiatan pelestarian batik khas pesisir Jakarta Utara sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini yakni para siswa dan guru dari 12 sekolah binaan AHM melalui program Sekolah Satu Hati. Batik khas pesisir Jakarta Utara selama ini belum banyak dikenal publik. Batik jenis ini memiliki karakter warna cerah dan motif non geometris dengan goresan garis yang tegas.

sahabat satu hati membatik batik khas jakarta utara tahun 2015 (2)Kegiatan yang bertajuk “Sahabat Satu Hati Membatik” ini dipusatkan di SMA Negeri 72, Jakarta Utara (5/10) dan melibatkan sekolah lainnya di wilayah Jakarta Utara, yaitu SMA Negeri 13, SMA Negeri 18, SMA Negeri 40, SMA Negeri 41, SMA Negeri 52, SMA Negeri 72, SMA Negeri 75, SMA Negeri 80, SMA Negeri 110, SMA Negeri 115, SMK Hang Tuah I, dan SMP Hang Tuah 3.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan batik pesisir khas Jakarta Utara memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang perlu terus dilestarikan sebagai aset budaya bangsa selain batik jenis lainnya yang telah dikenal luas seperti batik Solo maupun Yogya.


sahabat satu hati membatik batik khas jakarta utara tahun 2015 (1)“Batik adalah kebudayaan Indonesia. Kami ingin Sahabat Satu Hati yang mayoritas generasi muda juga memiliki komitmen untuk ikut menjaga dan melestarikannya. Melestarikan batik akan semakin mempertegas karakter khas Indonesia yang membedakannya dengan negara lain,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, para Sahabat Satu Hati belajar membuat kreasi pola batik khas wilayah ini menggunakan canting sebagai alat pembatik hingga mempelajari penggunaan bahan lilin (malam) batik. Pada akhir acara, para mereka mempresentasikan makna motif batik yang dibuat sekaligus nilai apa yang bisa digali setelah membatik. (PR AHM/s1h)

—————

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4732 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..