Memprihatinkan, Data lakalantas Jawa Timur tahun 2014-2015 di dominasi korban usia produktif

Memperingati Hari Polisi Lalu Lintas atau Polantas yang jatuh setiap tanggal 22 September, Ditlantas Polda Jawa Timur merilis data kecelakaan di Jawa Timur yang cukup memprihatinkan. Dalam HUT Polantas ke-60 ini mencatat setidaknya hingga Agustus 2015 terdapat 13.477 peristiwa kecelakaan dilingkup Jawa Timur. Selanjutnya dari peristiwa itu setidaknya 3.401 orang meninggal dunia dan sebagian besar berasal dari usia produkti antara 16-30 tahun. 

data kecelakaan di jawa timur 2014-2015

Menurut Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur Kombespol Verdianto Iskandar bahwa kenaikan angka kecelakaan justru terjadi 2 bulan pasca mudik lebaran meskipun segala langkah sudah diambil oleh pihak kepolisian. “kenaikannya hingga 8 persen”ujar orang nomor satu di Ditlantas Polda Jatim sebagaimana dilansir oleh Metropolis, Jawa Pos, Rabu, 22 September 2015.

Dari data diatas terlihat jelas usia korban kecelakaan dalam usia produktif yakni 16-30 tahun cukup mendominasi yakni 8.295 orang tahun 2014 dan 7.975 orang pada tahun 2015. “Bayangkan perasaan anak dan istri yang ditinggalkan kalau mereka meninggal sia-sia karena kecelakaan”ujar Verdianto.

Berbicara kelelakaan setidaknya terdapat 4 faktor yakni Faktor Manusia, Faktor Kendaraan, Faktor Alam dan Faktor Jalan.  Nah diantara 4 faktor diatas Faktor Manusia menempati urutan pertama dalam terjadinya kecelakaan.  Terutama terkait sikap berkendara yang ugal-ugalan dijalan, egois serta tidak taat pada rambu-rambu lalu lintas. “Perlu diingat, rambu-rambu lalu lintas bukan penghias jalan” ujar Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini.


Well, semoga bisa diambil pelajaran buat mantemans yang sedang berkendaraa di jalan raya. Usia produktif memang biasanya masih labil secara emosi oleh karena itu perlu gerakan redam emosi dijalan…hehehe. Ingat keluarga menunggu dirumah mantemans kala riding dijalan raya…..keep safety riding.

Maturnuwun

bacaan : JP (22/9)

——————–

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3889 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..