11 Perguruan Tinggi terbaik 2015 di Indonesia versi Kemenristek Dikti

Memperingati 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Kemenristek Dikti mengumumkan ranking 11 Perguruan Tinggi terbaik Se-Indonesia. Dirjen Kelembagaan Ristekdikti, Patdono Suwignjo, menjelaskan, saat ini ada 134 perguruan tinggi negeri dan sekira 4.000 perguruan tinggi swasta (PTS). “Karena itulah perlu dibuatkan sebuah peringkat agar ke depannya bisa semakin mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan kapasitas mereka,” ujar Patdono di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (17/8/2015) sebagaimana dilansir oleh okezone.com (17/8)

11 kampus terbaik di Indonesia tahun 2015
Menurut Patdono, indikator yang digunakan untuk melakukan penilain yakni kualitas SDM, kualitas manajamen, kualitas penelitian dan publikasi hingga kualitas kegiatan mahasiswa. Nah dari serangkaian indikator tersebut Institut Teknlogi Bandung (ITB) yakni Kampus teknik tertua di Tanah Air ini unggul dengan skor total 3.743 yang menempatkan posisinya pada urutan Pertamax….nah selengkapnya berikut daftar nya gans :

Berikut 11 kampus terbaik se-Indonesia, seperti dilansir Kemenristek Dikti.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB); skor total 3.743;

2. Universitas Gadjah Mada (UGM); skor total 3.690;

3. Institut Pertanian Bogor (IPB); skor total 3.490;

4. Universitas Indonesia (UI); skor total 3.412;

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); skor total 3.289;

6. Universitas Brawijaya (UB); skor total 3.217;

7. Universitas Padjadjaran (Unpad); skor total 3.075;

8. Universitas Airlangga (Unair); skor total 3.064;

9. Universitas Sebelas Maret (UNS); skor total 3.035;

10. Universitas Diponegoro (Undip); skor total 2.983; dan

11. Universitas Hasanuddin (Unhas); skor total 2.978.

Kemeristek Dikti juga merilis perguruan tinggi negeri terbaik berdasarkan kualitas sumber daya manusia. Pertama adalah IPB, disusul UGM, ITB, Universitas Negeri Malang, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Makassar, ITS, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga dan Universitas Bengkulu.

Berdasarkan kualitas manajemen [secara berurutan] adalah Politeknik Elektronik Surabaya, Universitas Gunadarma, ITS Surabaya, UGM, UI, ITB, IPB, Universitas Kristen Petra, UNS dan UII Yogyakarta.

Berdasarkan penelitian [secara berurutan] adalah ITB, IPB, UI, UGM, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, UNS, Universitas Brawijaya, ITS Surabaya dan Universitas Diponegoro.

Berdasarkan kualitas kegiatan mahasiswa [secara berurutan] adalah UGM, ITS Surabaya, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, UI, Universitas Airlangga, UNY, Unsoed, dan Undip,” sambung dia.

Well, demikian mantemans sekilas inpoh semoga bisa dijadikan acuan untuk memilih kampus ditahun mendatang.

Maturnuwun

bacaan : tribunnews.com

————–

Posted from WordPress for Andromax Zetia1heri

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..