Pak Jeka sudah hormat pada bendera, cuma caranya gak mainstream

Lagi ramai dibahas di dunia maya mengenai aksi pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ‘katanya’ tidak melakukan penghormatan kepada sang saka Merah Putih kala Upacara 17 Agustus di Istana negara tadi pagi 17 Agustus 2015. Sebenarnya ‘aksi’ pak Jeka sudah bukan barang baru lagi karena ketika masih berpasangan dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono tahun 2008 silam juga melakukan hal serupa.

foto-perbandingan
Perdebatan mengenai sikap pak Jeka yang tidak melakukan penghormatan layaknya cara mainstream sebenarnya ada dasar hukumnya yakni PP No 50/1948 tentang Bendera Kebangsaan RI .

Dalam   Pasal 20 dijelaskan bahwa :

Pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai. Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu. Mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan meletakkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban, dan kudung atau topi wanita yang dipakai menurut agama atau adat istiadat.

Pak-Jk-Tidak-hormat-benderaDilansir laman Pojoksatu  (17/8/2015), Juru Bicara Wakil Presiden JK Husain Abdullah pun angkat bicara terkait hal ini. Husain Abdullah mengatakan, JK tetap menghormati bendera, tapi dengan cara menunduk. “Cuma Pak JK gerakannya selalu cepat. Kalau sipil dibolehkan hormat dengan menundukkan kepala,” kata Husain Abdullah.

aksi pak jeka tidak hormat bendera di era SBYSebenarnya apa yang dilakukan oleh Pak JK sudah dilakukan pula oleh Wapres Hatta saat yang sama dalam sebuah upacara dengan Bung Karno. Nah yang jadi perdebatan sekarang adalah apakah Pak Wapres masuk dalam kategori orang yang berpakaian seragam dan dari organisasi tertentu?


Demikian sekilas inpoh.

Maturnuwun

———–

Foto : rodinsaputra.wp.com

Posted from WordPress for Andromax Zetia1heri

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3832 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Yang Terlanjur Bully JK Soal Hormat Bendera, Silahkan Baca Ini | Onlineindo News

Monggo dikomeng gans..