Ahli Fisika : adegan Lykan Hypersport melompati gedung di Fast and Furious 7 ternyata bisa masuk akal

Sejak diputar awal April 2015 ini, film bergenre sport jantung iniĀ Fast and Furious 7 seolah tak habis menjadi buah bibir. KHS sih belum sempat lihat di bioskop namun lihat trailernya memang bikin ngiler sebuah film yang menghabiskanĀ USD 250 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun ini. Nah diantara salah satu adegan adalah ketika mobilĀ Lykan Hypersport melompati gedungĀ di Kompleks Etihad Towers, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Meskipun itu hanyalah sebuah efek namunĀ bisa dijelaskan secara ilmiah apakah masuk akal atau tidak.

adegan Fast and Furious 7 di DubaiAdalahĀ Lee Loveridge, profesor fisika dari Pierce Collage, California, Amerika Serikat yang mencoba menganalisa apakah aksi tersebut masuk akal atau tidak :

Menurut Lee, aksi yang dilakukan di film tersebut masuk akal. Ada beberapa hal yang diperhitungkan, seperti jarak antargedung, bobot mobil beserta penumpang di dalamnya, dan laju kendaraan.
Lykan Hypersport sendiri merupakan mobil buatan W Motors yang bermarkas di Timur Tengah. Mobil ini dilengkapi mesin berkapasitas 3.700 cc yang mampu menghasilkan tenaga 750 HP. Kecepatan 0 sampai 100 kilometer per jam dapat diraih dalam waktu 2,8 detik dengan kecepatan maksimum 385 km/jam.
Lee menyebutkan, jika jarak antargedung diperkirakan mencapai 140-170 kaki (sekira 48-51 meter), maka setidaknya mobil dengan berat 1.542 kilogram harus melaju dengan kecepatan minimal 112 km/jam. Mencapai kecepatan ini bukanlah perkara sulit bagi Lykan Hypersport.
Meski melompati gedung dianggap masuk akal, namun Lee menyebut bahwa pendaratan yang dicapai belum tentu semulus yang terlihat dalam gambar di film.
Mobil juga membutuhkan suspensi lebih keras untuk menghindari kerusakan di bagian bawah. Selain itu, sabuk pengaman harus mengikat kencang tubuh pengemudi dan penumpang untuk menghindari cedera fatal atau bahkan kematian.
Sebagai informasi,Ā Lykan Hypersport dengan spesifikasi dan tampilan yang sama seperti dalam film Fast and Furios 7 hanya diproduksi sebanyak tujuh unit di dunia. Mobil ini dibanderol USD3,4 juta atau sekira Rp44,4 miliar. Harga tersebut menempatkannya sebagai mobil termahal ketiga di dunia.

aksi Lykan Hypersport di Fast and Furios 7Naah masuk akal kan mantemans….hehehe tapi jangan dicoba dirumah yah….hehehe

Fast and Furious 7 ini memang berbeda dengan seri-seri sebelumnya termasuk,Ā efek CGI telahĀ memungkinkan manipulasi wajah Paul Walker yang telah tiada. Setidaknya ada 300 – 350 mobil menjadi ‘tumbal’ kesuksesanĀ Fast and Furious 7 ini.

sumber :Ā http://news.okezone.com/ (8/4)

Comments

comments

Tentang setia1heri 5686 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

20 Comments

  1. semalem abis nonton film ini. gak rugi antre panjang buat beli tiketnya.
    efek CGI untuk paul walker keren banget.
    scne paling menegangkan ya pas lycan melompati gedung itu..

  2. oot, miris kalau lihat yang begini

    Miris gan dua debt collector nyaris sekarat dengan luka di sekujur tubuhnya setelah berupaya menarik motor leasing yang bermasalah, nariknya langsung rampas di jalan saat dipakai pemiliknya. Si pemakai mengiranya maling lalu meneriakinya maling dan wargapun berdatangan menghajar keduanya hingga tak berdaya.

    Mustinya ada regulasi yang elbih arif dalam pernarikan motor ini!
    http://bonsaibiker.com/2015/04/09/narik-motor-leasing-di-jalan-2-debt-collector-skarat-dihajar-massa-musti-diatur-regulasinya-nih/

  3. ini film keren baget Gan, paling keren dibanding seri sebelumnya. filmnya menegangkan baget. tapi endingnya sangat mengharukan Gan pesan buat alm. paul.

    kabar baiknya ane di traktir popcorn cewek yg baru ane kenal šŸ˜€

Monggo dikomeng gans..