Pengalaman Pasang Berkas SIM C di Polres Gresik [perpanjangan SIM gans…]

satpas polres gresik tahun 2015Ini kelanjutan postingan kemarin mantemans pasca cabut berkas sim C di Polres Tuban. Sehari pasca cabut berkas hari Selasa (10/2) KHS langsung menuju Satlantas Polres Gresik yang ada di sekitaran Randuagung, Kebomas, Gresik. Siang itu kondisi satlantas sedang ramai orang-orang yang mau buat SIM atau perpanjangan SIM. Akhirnya setelah nanya-nanya berikut alur perpanjangan SIM via cabut berkas.

Sebelumnya pastikan mantemans bawa uang cukup (minimal 115 ribu rupiah plus parkir R2 2ribu rupiah). Barusan diparkiran kemarin ketemu orang gak bawa uang pas di dompet akhirnya harus balik rumah. Maklum si bapak yang sudah tua ini katanya gak familiar dengan yang namanya ATM 😀

suasana pembuatan sim di satlantas polres gresik 2015Langkah-langkah-nya :


  1. Dengan membawa berkas dari daerah asal (kalau KHS dari Tuban) maka menuju ke Loket 2 untuk ambil formulir atau MAP. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 menit saja kalau tidak antri.
  2. Selanjutnya meminta Ssurat Keterangan Kesehatan yang ada di Poliklinik Randuagung. Lokasi ada diluar area Satlantas namun masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Biaya Surat Keterangan Kesehatan Rp. 20.000 (Dua puluh ribu rupiah). Waktu yang dibutuhkan sekitar 10 menit antara pemeriksaan singkat tes buta warna dan waktu untuk jalan kaki.
  3. Habis dari Poliklinik langsung menuju tempat sidik jari. Lokasinya sebelah pojok berdampingan dengan koperasi atau PRIMKOPOL dimana kita mesti foto, isi berkas dan kemudian sidik jari secara elektronik.  Biaya sidik jari sebesar Rp. 20.000 (Dua puluh ribu rupiah) . Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit untuk melengkapi berkas tadi.
  4. Selanjutnya menuju Loket 1 untuk pembayaran perpanjangan SIM C sebesar Rp. 75.000 (Tujuh puluh lima ribu rupiah). Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit.
  5. Habis dari loket 1 jangan lupa melengkapi isian formulir di Map tadi. Setelah selesai baru bergeser ke Loket 3 Pendaftaran dimana kita akan mendapatkan nomor antrian untuk foto sim baru. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit.
  6. Nah sekarang tinggal nunggu antrian foto. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 menit
  7. Selanjutnya ketika nomor antrian foto ditunggu maka kita akan masuk loket 5 untuk sesi foto pemotretan. Pastikan data yang mantemans isi di map tadi benar adanja. Karena beberapa ada yang mengalami kesalahan ejaan dan alamat kurang diminta untuk melengkapi sehingga ikut menyita waktu. Sesi pemotretan sekitar 5 menit saja.
  8. Habis dari sini tinggal menunggu sim C jadi. Taaadaaa….10 menit kemudian nama KHS dipangggil…hehehee

pasang berkas sim  c di polres gresik tahun 2015Nah demikian mantemans pengalaman KHS pasang berkas sim C di Polres Gresik. Waktu yang dibutuhkan semuanya sekitar 60 menit atau 1 jam. Dan biaya yang dikeluarkan antara lain Surat Kesehatan+Biaya Sidik Jari+Biaya Perpanjangan = Rp. 115.000 (Seratus lima belas ribu rupiah) plus parkir R2 = Rp 2.000 (Dua ribu rupiah). Overall pelayananan cukup memuaskan namun mantemans harus bawa ballpoint sendiri untuk mengisi formulir atau berkas-berkas tadi. Entah tidak disediakan atau disediakan namun sudah hilang dibawa orang iseng…hehehe

Maturnuwun

#cerita selanjutnya mencoba ngurus SIM A sendiri…hehehe

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3958 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

16 Comments

  1. INFO : waktu perpindahan sim ke wilayah sidoarjo system yang ada hampir sama cuma disini kalau saya melihat beda biaya antara kota 1 dengan lainnya. contoh beda biaya adalah 1 biaya kesehatan, di sidoarjo saya terkena biaya kesehatan 25.000,- (dan juga asuransi dengan biaya 30.000,- per asuransi (C/A/B dll) jadi kalau ngurus Sim A dan C terdapat 2 asuransi yang biayanya 30.000,- X 2 = 60.000,- (ini saya rasa ada yang aneh) karena di asuransi tersebut untuk nominal nya berbeda jauh dari jasa raharja. sim C untuk meninggal dan cacat tetap sebesar 2.000.000,- dan biaya rumah sakit sebesar 200.000,- sedang sim A 2X nya yaitu 4.000.000,- untuk meinggal dan cacat tetap dan rumah sakit 400.000,- (apakah ini asuransi buatan lokal ?).
    untuk biaya yang lain sama.
    mungkin enak di kota gresik tanpa adanya asuransi yang juga lumayan (bisa untuk biaya makan 1 hari) 🙂

1 Trackback / Pingback

  1. Sabar menanti…4 bulan bersabar akhirnya lulus juga SIM A di Satlantas Polres Gresik #jalur reguler | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..