#Breaking News : Budi Gunawan ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus rekening gendut

budi gunawan calon kapolri ditetapkan tersangka kasus rekening gendut oleh KPK tahun 2015Berita mengejutkan dirilis oleh Komisis Pemberantasan Korupsi (KPK) hari selasa, 13 Januari 2015 jam 15.13 WIB ini. Calon tunggal Kepala Polri Budi Gunawan ditetapakan sebagai tersangka dalam kasus rekening gendut. Padahal calon tunggal kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo ini akan menjalani serangkaian fit and proper test di komisi III DPR RI. “Komjen BG tersangka kasus Tipikor saat menduduki kepala biro kepala pembinaan karir,” kata Ketua KPK Abraham Samad dalam jumpa pers di Kuningan, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Mengutip detik.com (13/1) berikut kronologis nya dugaan korupsi “Rekening Gendut”oleh Komjen Budi Gunawan:

– Juni-Agustus 2010
KPK mendapatkan laporan transaksi mencurigakan dari masyarakat.

“Kami melakukan pengumpulan bahan dan keterangan,” jelas Bambang.

– 2012
Hasil kajian terkait laporan masyarakat itu dikaji kembali.
– 23 Maret 2010
PPATK mengeluarkan surat transaksi mencurigakan dan dikirimkan ke Kepolisian RI.

“KPK tak pernah mendapatkan surat dari PPATK,” jelas Bambang.

– 18 Juni 2010
Ada surat balasan dari Bareskrim terkait transaksi mencurigakan perwira tinggi atas nama Irjen Budi Gunawan. Dalam surat hasil penyelidikan itu, Irjen Budi dinyatakan clear
– Juli 2013
Ekspose pertama terkait transaksi mencurigakan Irjen Budi Gunawan (sebelum menjadi Komjen-red) dilakukan dan dipimpin Ketua KPK Abraham Samad.

“Kami memperkaya dengan resume pemeriksaan LHKPN Juli 2013,” imbuh Bambang.

– Pertengahan 2014
KPK membuka penyelidikan terkait transaksi mencurigakan Irjen Budi Gunawan

– Januari 2015
KPK melakukan ekspose terakhir dan menemukan bukti Komjen Budi Gunawan melakukan transaksi mencurigakan. KPK menemukan alat bukti dan mendapat kesimpulan menetapkan Komjen Budi yang juga calon tunggal Kapolri menjadi tersangka.

Sebagaimana diketahui, penunjukkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal kapolri telah memantik pro dan kontra di masyarakata. Terutama para pegiat anti korupsi yang banyak bersuara lantang terkait penolakan Budi Gunawan sebagai kapolri karena sempat tersandung kasus Rekening Gendut tahun 2010 silam.

Demikian sekilas inpoh

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

8 Comments

  1. Sudah lama diketahui sebagai pemilik rekening gendut, tp knapa baru sekarang??
    Apakah inI modus KPK ???
    Aaah sudahlah…

  2. +++++++++++++++++
    Ternyats jokowi cerdik jg ya…
    Sengaja diajukan calon kapolri dr jendral korup… Biar muncul kritikan & sorotan thd su jendral. Kalo ga dicalonkan, gak bakal ada yg berani membuka kembali kasus2 rekening gendut.
    Sudah jd rahasia umum kl si Budi Gunawan itu dekat dg megawati.
    Sippp… singkirkan megawati pelan2.
    ++++++++++++

Monggo dikomeng gans..