Cara mudah mengetahui aplikasi yang masih terbuka di gadget android (bagi nubi)

image

Pernah merasakan gadget android kita jalannya lemot, lola alias loading lambat yang sungguh menjengkelkan? Selain mungkin karena memory internal yang pas-pasan, bisa jadi disebabkan banyak aplikasi yang kita buka masih berjalan di belakang layar. Maksudnya ? sebenarnya ketika ketika ketika menutup aplikasi dengan menekan tombol (symbol) back atau home dipastikan bahwa aplikasi masih berjalan yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap konsumsi RAM-nya (apalagi RAM gadget kita juga pas-pasan :- ( ) 😆 . Nah saatnya kita menutup aplikasi yang berjalan tadi, trus bagaimana caranya kang? Cekidot.


Secara umum gagdget android (bukan tablet atau pad lho) terdapat 4 tombol menu, disini KHS mencontohkan smartfren andromax-i yang sudah menemani 2 tahun terakhir.  4 tombol itu yakni setting, home, back dan search yang terlihat dibawah gadget. Berbeda dengan tablet yang terdapat menu recent application (aplikasi yang sedang dibuka) biasanya simbolnya kotak persegi panjang yang tertumpuk jadi sangat mudah untuk membuka dan menutup aplikasi yang sedang terbuka tersebut. Nah bagaimana kalau di android? Tips ini hanya berlaku bagi nubi lho ya :mrgreen: image

1.Carilah menu home di gadget android kita (symbol rumah)
2.Tekan dan tahan menu home tadi antara 3-5 detik
3.Tadaaa….aplikasi yang sedang terbuka akan terlihat secara tersusun rapi dari kiri ke kanana atau atas ke bawah berdasarkan urutan kapan kita membuka aplikasi tersebut.
4.Nah sekarang tinggal benar-benar menutup aplikasi tersebut. Caranya? tekan aplikasi yang mau dipilih dan buang ke kiri atau kekanan. Simple kan ?

Cara diatas juga sangat bermanfaat sekali ketika kita bekerja secara multitasking dimana kita pengin mengkopi paste dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa harus membuka aplikasi mulai dari awal. Misalnya KHS pengin mengkopas artikel dari imel di opera mini ke aplikasi wordpress for android. Maka cara diatas coekoep jitoe sekali.
Demikain mantemans tips sekilas inpoh cara mudah mengetahui aplikasi yang masih terbuka di gadget android kita. Semoga bermanfaat.

Maturnuwun

Baca juga :

Diposting dari WordPress seti@0ne-droid

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4752 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

12 Comments

  1. Mau tanya nih.
    Kenapa pada Android gua gak bisa membuka daftar aplikasi yg terbuka? merk nya Evercoos A7T.
    bila ditekan dan ditahan tombol home, yg muncul adl aplikasi yg terakhir di kinjungi, bukan yg terbuka

Monggo dikomeng gans..