Tradisi lebaran : Potong Ayam kampung

image

Sudah menjadi tradisi keluarga KHS kalau setiap hari raya iedul fitri atau lebaran selalu menyajikan opor ayam kampung. Begitupun pula lebaran 2014 ini dimana keluarga besar lagi pada kumpul maka sajian opor ayam 1 ekor tentu tidak cukup. Maka lebaran ini Emak menyiapkan 3 ekor ayam kampung untuk disembelih dan KHS yang mesti jadi tukang sembelih. Berani? :mrgreen:

KHS terakhir kali menyembelih ayam terjadi pada awal 2013 kemarin http://setia1heri.com/2013/01/06/belajar-memotong-ayam-kampung/. Berhubung bapak lagi tidak ada dirumah maka mau gak mau KHS mengambil alih tanggung jawab ini….hehehe.
Pagi itu KHS langsung mengasah golok eh pisau agar tajam untuk menyembelih. Setelah dirasa sudah tajam saatnya untuk melakukan prosesi penyembelihan disamping rumah kami. 3 ayam kampus kampung yang sudah disiapkan dipegangi oleh adik KHS untuk disembelih secara bergantian.
Ayam dibaringkan kearah kiblat, dicari urat-urat pernapasan disekitar leher…bismillahirrahmanirrahiim….sret…sret…sret…3 kali tebasan untuk memastikan urat sudah putus. Dan darah segarpun mengucur membasahi bumi dipagi hari itu dari leher ayam kampung ini. Yang gak kuat jangan dibayangkan ya….hehehehe. Hanya butuh sekitar 5 detik untuk menyembelih justru yang lama menunggu ayam benar-benar mati sekitar 5 menitan. Dan selanjutnya giliran ayam-ayam berikutnya.
Demikian kawan tradisi sambut lebaran dengan hidangan opor ayam yang didahului dengan sembelih ayam. Kira-kira mantemans ada pengalaman serupa menyembelih ayam? :mrgreen:

Maturnuwun
Baca juga :

Diposting dari WordPress seti@0ne-droid

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

6 Comments

Monggo dikomeng gans..