Beragam kreasi unik dari ban bekas brosis

kreasi dari ban bekas

Ban bekas baik ban dalam maupun ban luar dari kendaraan kita baik motor maupun mobil ternyata bisa dimanfaatkan yang lebih ramah lingkungan. Daripada ban bekas kita tertumpuk digudang atau dibiarkan berjamur diterjang panas dan hujan dipojokan rumah ternyata bisa menghasilkan sebuah karya kreasi yang unik, kreatif dan bermanfaat. Mulai dari yang sederhana dimana tanpa sentuhan hingga yang bernilai cita rasa tinggi sebagai sebuah barang seni .

Nah berikut mantemans beberapa jenis kreasi dari ban bekas yang mungkin bisa dijadikan inspirasi. Cekidot

  1. Ayunan. Tanpa perlu didandani hanya cukup ditali dengan tali tampar disalah satu sisinya dan kaitkan dengan cabang pohon atau tiang maka sudah bisa dibuat ayunan terutama anak-anak kita.

  2. Pot taman. Ini biasanya sudah lumrah namun jenis dan bentuk pot biasanya seseuai selera masing-masing.

  3. Patung robot. Ini biasanya karya seorang seniman dan seringkali ditempatkan di sebuah taman-taman kota.

  4. Alat latihan jinjit / olah raga. Ini biasanya ban bekas mobil-mobil besar seperti truk atau fuso atau tronton sehingga bisa digunakan sebagai sarana olah raga jinjit :mrgreen:.

  5. Bemper perahu. Biasanya kalau dipelabuhan kita sering melihat perahu-perahu tradisional yang terbuat dari perahu memanfaatkan ban bekas ini sebagai bemper untuk bersandar.

  6. Ikat pinggang. Karya yang sedikit ekstrim namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sabuk atau ikat pinggang dari ban luar mobil ini πŸ˜† .

  7. Tempat duduk. Nah ini juga sesuai selera apakah mau dibuat sekedarnya atau dikreasi sekreatif mungkin. Biasanya terdapat mebel yang terbuat dari ban-ban motor yang didesain tak kalah menariknya dari kursi mebel yang terbuat dari kayu.

  8. Sepatu / sandal. Ini juga kreasi yang bisa dibuat dari ban mobil atau motor yang sebelumnya dipotong-potong dan dirangkai seperti layaknya sebuah sepatu sandal.


  9. Tali temali. Bagi mantemans yang sering dipasar terutama pasar tradisional tentu tidak asing dengan tali temali dari ban dalam mobil atau motor ini. Dan itu sangat berguna sekali untuk membawa barang-barang dagangan.

  10. Tempat sampah. Ini bisa kita lihat dikota-kota yang seringkali terdapat di taman-taman atau dipinggir jalan.

  11. Polisi tidur. Beberapa orang berkreasi ban luar dari truk atau fuso ini digunakan sebagai pengganti polisi tidur atau terapi kejut jalanan dikampung. Ban ini biasanya dipotong dengan lebar 10 cm dan melintang ditengah jalan πŸ˜€

  12. Tas dan Aksesoris. Pengrajin di sebuah daerah di Salatiga, Jawa Tengah membuat kerajinan dari ban bekas ini menjadi aksesoris seperti gelang atau gantungan kunci hingga berbagai jenis dompet dan tas.

Nah demikian mantemans beberapa kreasi dari ban bekas disekitar kita. So jangan biarkan berserakahan ban-ban motor maupun mobil kita ditengah gudang. Monggo dikembangkan imajinasi dengan ban-ban bekas ini :mrgreen:

Sumber bacaan : carmudi.co.id

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4020 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

34 Comments

  1. masih ada lagi mas..
    kalo di kalangan mobilers zebra itu damper/bantalan shock depan, dari ban luar atv kalo nggak salah.
    kalo di motor ada juga karet tromol atau banyak yg nyebut karet gigi tarik, dari ban luar atv juga

Monggo dikomeng gans..