Jangan rampas hak kaum difabel!!!

foto fb kang Ismail Wahyu Widodo

Beruntunglah ketika Tuhan memberikan kesempurnaan dalam semua anggota tubuh kita. Namun ternyata kesempurnaan yang diberikan oleh Tuhan kepada kita kadang menjadikan serakah dan justru tidak punya empati serta simpati kepada saudara kita yang dikarunia tuhan ketidaksempurnaan dalam tubuhnya. Meskipun berbicara kesempurnaan dan ketidaksempurnaan merupakan pandangan relatif karena esensinya adalah bagaimanan kita mensyukuri setiap karunia Tuhan yang diberikan kepada kita. Kembali ke topik, tidak jarang hak-hak dan fasilitasi yang seharusnya dinikmati saudara kita yang mengalami ketunaan atau difabel justru dirampas oleh mereka-mereka yang katanya sempurna.

Ada status kawan seoorang yang sedang menggarap proyek infrastruktur di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Beliau melihat secara langsung bagaimana fasilitas yang seharusnya diperuntukkan bagi golongan lemah terutama kaum difabel justru dengan seenakudel-nya diambil alih oleh orang-orang normal diatas.  Beliau berteriak melalui statusnya untuk mengingatkan siapapun termasuk KHS sendiri yang kadang acuh tak acuh. Cekidot

JANGAN AMBIL YANG BUKAN HAKMU !!!

Di sini kami berusaha melayani orang-orang “difable” sebaik mungkin. Desain sampai fasilitas untuk penyandang cacat dan orang sakit sudah kami perhatikan. Pada beberapa titik bahkan disiapkan kursi roda dengan “helper” yang tugasnya membantu orang-orang difable tersebut untuk menggunakan fasilitas bandara, mulai datang turun dari kendaraan mereka, menunggu di ruang tunggu, ke kamar mandi, hingga akan naik pesawat kami siapkan jalur khusus sebaik mungkin agar mudah dilalui oleh orang-orang difable tersebut.
Kami pun disini sering berantem dengan pelaksana lapangan dan kontraktor agar memperhatikan hak-hak penyandang cacat tersebut. Yaaa…..berantem dalam arti sebenarnya, dari adu mulut dan sampai beberapa kali hampir adu fisik karena ngeyel-nya si kontraktor karena tidak melaksanakan perintah kami untuk memberikan hak penyandang cacat tersebut.
Namun sangat disayangkan…dan kami benar-benar kecewa ketika banyak orang yang notabene saya yakin adalah dari orang berpendidikan tinggi dan dari kalangan berduit malah menggunakan fasilitas yang bukan haknya. Ini bandara yang diberi embel-embel internasional bung!!! Saya tidak mengatakan yang melakukan ini orang lokal saja, karena di foto-foto saya yang lain…ada juga bule-bule asing dan orang-orang bermata sipit berbahasa seperti kawannya “Naruto”, juga ikut melakukan pelanggaran ini.
Saya yakin mereka bisa membaca tulisan “AMBULANCE ONLY”, “ HANDYCAP ONLY”, “LIFT PENYANDANG CACAT” ataupun sign yang lain. Ndak mungkin kan punya mobil semewah Fortuner ataupun Alphard tapi ndak bisa membaca tanda-tanda yang sudah cukup jelas tersebut?
JANGAN AMBIL YANG BUKAN HAKMU!!!! BERIKANLAH EMPATIMU UNTUK ORANG-ORANG YANG TIDAK SEBERUNTUNG DIRIMU!!! (20/3)

fasilitas difabel di bandara juandaSaya rasa tidak hanya fasilitas untuk kaum difabel tetapi fasilitas lain untuk lansia, anak-anak, perempuan hamil seringkali dikuasai oleh orang-orang yang sudah hilang rasa empatinya. Mereka mengedepankan egoisme dan emosinya kala ada orang yang mencoba mengingatkan kesalahannya. Akankah sifat empati dan simpati generasi indonesia sudah mulai luntur dan perlahan-lahan hilang? 😥 🙁

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

10 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Serunya Honda CB150R StreetFire Konvoi Kemerdekaan 2017 di Kota Surabaya – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..