Virus jenis opo tho iki ? (computer)

Beberapa waktu lalu ane disambatin temen kalau flashdisknya kena virus. Ane pun bergegas untuk mencoba membantu dengan menganalisisnya virus jenis apa gerangan.  Beliau bercerita awalnya fdisk dibuat presentasi namun tiba-tiba file tertutup dan isi file di satu folder yang dibuka berubah menjadi huruf-huruf tidak jelas. Anehnya folder ini tidak dapat dihapus bahkan ditindas pun tidak bisa dengan nama folder yang sama.

Dan yang lebih ane herankan fdisk dengan kapasitas 8 GB ini justru terisi folder yang kapasitas besarnya 82,1 GB .  Opo ra gumun ?. Ane pun mencoba membuka-membuka folder disekitarnya ternyata masih bisa untuk diutak-atik (delete, copy atau send to). Ane pun mencoba membuka lebih detail folder yang bermasalah tadi ternyata isi file terdapat nama file yang tidak jelas (kayak kombinasi huruf-huruf alay) dengan tanggal pembuatan dibawah tahun 2000 dan diatas tahun 2020. Gak tahu namanya virus apa ?


Ane pun mencoba men-scan dengan SMADAV dan PC Tools Spyware Doctor With Anti Virus. Anehnya dua anti virus tadi tidak mendeteksi jenis virus apa di folder tadi alias bablas angine.  Ane pun tambah penasaran maka ane pun mencoba untuk mengupload ke situsnya SMADAV. Siapa tahu ada kejelasan jenis virus ini, apakah termasuk virus lama kambuh lagi ataukah virus baru ?

Ane pun tidak paham efek samping atau akibat yang ditimbulkan dari virus yang menyebabkan ‘gigantisme’ ukuran fdisk. Meskipun ane coba lihat properties juga masih tetap 8 GB. Mungkin ada kawan punya pengalaman serupa jenis virus apa? Dan bagaimana penanganan dan efek yang ditimbulkannya?

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 5064 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

13 Comments

  1. btul tu bang novia. ada bad sector pd flasdisk. Di format sja, pnya tmen sring gitu jg. Biasanya flashdisk aspal tu

  2. kalo program anti virus sudah nggak mempan,saya hapus virus pake cara manual (ribet), komputer tak booting pake linux (pake live cd), lalu file-file virus saya delet satu persatu. biasanya berupa folder-folder asing atau file-file asing (saya nggak merasa bikin file itu maksudnya), juga extensionnya biasanya aneh

Monggo dikomeng gans..