Indikator bensin ngaco (Pulsar)

 


Menginjak usia kedua tunggangan ane yakni pulsar 180 ug iv mulai menunjukkan beberapa gejala ketidakberesan. Salah satunya adalah indicator bensin yang mulai ngaco. Maksudnya ? contohnya begini biasanya ane ngisi langsung setiap minggu 50 ribu perak dan biasanya langsung naik indicator bensin. Namun saat ini terkadang ‘proses’ naiknya indicator itu lambat bahkan indicator hanya mentok sampai setengah bar saja :- ( . Atau sebaliknya indicator sudah menyala merah padahal isi BBM masih cukup banyak.Indikator bensin ngaco (Pulsar)

Beberapa kawan juga mengalami hal serupa bahkan ada yang ngomong sejak beli juga sudah seperti itu. Wah kalau ini ane gak begitu paham.  Mengapa bisa terjadi seperti itu ? ane tidak paham apakah sensor indikatornya kotor sehingga tidak bisa presisi atau memang sudah dimakan usia hingga 40500an km ini?.  Mungkin ada kawan yang lebih paham bisa membantu menjelaskan nubi yang buta permotoran ini.

Hingga usia yang kedua ini, Milestone begitu nama untuk tunggangan ane tidak pernah dilakukan kuras tangki BBM .  Kata beberapa teman sih tangki BBM harus dikuras secara rutin agar kerak-kerak yang mengendap bisa dibersihkan. Mungkin bisa jadi kerak-kerak korosi BBM inilah yang menyebabkan sensor indicator BBM kotor ? .

Saat ini untuk mengisi BBM ane lebih mengandalkan  ‘sudah berapa km terlampui’ daripada melihat indicator bensin.  Sederhananya begini, biasanya ane mengisi 50ribu atau 11,11 liter baru akan habis ketika melampui kurang lebih 440 km.  Jadi ane akan mengisi BBM kalau tripmeter sudah menunjukkan diatas 400 km. Pernah ane ‘ketipu’, indicator sudah merah dan bar tinggal 1 saja maka ane pun langsung ke SPBU terdekat.  Ternyata ketika ane isi 50 ribu BBM masih sisa cukup banyak akhirnya hanya isi 30 ribu saja..hehehehe.  Atau biasanya pakai ‘trik jadul’ yakni tangki digoyang-goyang untuk memastikan masih ada BBM di dalam tangki..hehehe 😀mejeng didepan SPBU

Mungkin ada kawan punya pengalaman serupa bisa dishare dimari…

Maturnuwun

 

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3920 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

12 Comments

  1. mekanik ane didepok pak Ahmad nyaranin buat ganti pelampung sama sensor bensin didalem tangkinya kang…punya ane juga begitu UG3 tapi belum ganti mulai ngaco pas kilometer mau masuk 60rebu…, mekanik ane pak ahmad juga pake pulsar UG3 masih type jari-jari,,solusinya dia ya ganti satu set…coba aja tanya diberes stocknya ada gak….

  2. woow irit ya 1 liter nyampe 40 km.
    masih lebih irit dari motor injeksi yang cc nya lebih kecil.
    kalau saya patokannya kran bensin.
    mesin ada gejala batuk2 langsung puter ke res, cari pom bensin deh.

    patokan kilometer boleh juga tapi belum tentu sama jarak tempuhnya, tergantung tangan kanan kita sekolah apa nggak. hehe..

  3. irit ya 180cc 40km/liter.
    kalo ngaco bongkar aja pelampungnya, bersihkan pinnya pake karet penghapus pensil (setip). rapatkan juka ada yg longgar, atau beli pelampung lain kalau aja bisa sama 😀

  4. sama ane juga baru aja isi di pom tetep nyala…merah…
    satu lagi kalo belum posisi gigi netral ngak bisa di stater….

Monggo dikomeng gans..