Jangan asal SUSU buat anak

Anak adalah buah hati orang tua dimana titipan Tuhan ini harus kita rawat sedemikian rupa. Perhatian terhadap anak sudah harus dimulai sejak masa dalam kandungan. Dimana sang bunda harus selalu memperhatikan gizi dan nutrisi bagi janin dikandungan. Selain itu juga biasanya dibarengi dengan susu ibu hamil yang tentu berpengaruh terhadap pertumbuhan janin didalam kandungan. Dan semua berharap buah hati yang lahir nantinya bisa sehat dan kuat.

Pasca kelahiran buah hati maka perhatian orang tua juga harus lebih besar. Sebisa mungkin diusahakan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif bisa diberikan meskipun tidak semua ibu pasca melahirkan bisa secara eksklusif memberikan susu bagi buah hatinya. Bersyukurlah kita bila bunda bisa memberikan ASI eksklusif apalagi hingga 6 bulan lebih. Tapi bagi yang tidak bisa memberikan ASI eksklusif karena memang ASI tidak keluar atau kesibukan kerja jangan berkecil hati karena memang saat ini sudah banyak pilihan susu inovasi alternatif pengganti ASI. Oia kawan perlu digarisbawahi disini bahwa memberikan susu kepada buah hati tidak serta merta tanggung jawab bunda saja namun ayahanda juga punya peran yang sama.

Memilih susu inovasi alternatif alias susu formula buat buah hati memang gampang-gampang susah. Dan biasanya setiap bayi memiliki karakteristik sendiri terkait susu formula yang cocok. Bukan masalah harga yang mahal dan murah, susu terkenal dan tidak terkenal namun bagaimana bayi juga merasa ‘menikmati’ susu formula tersebut. Awalnya mungkin kita bisa bertanya kepada tetangga kanan kiri, kawan dekat yang kebetulan juga punya bayi, konsultasi dengan dokter anak, baca blog bunda dan anak atau browsing informasi dan referensi sendiri di internet untuk menentukan susu yang cocok buat buah hati kita. Tetapi yang perlu digarisbawahi disini jangan menyamakan anak kita dengan anak-anak yang lain sehingga susunya harus sama..hehehe.


Memang awalnya kita mungkin perlu coba-coba susu formula untuk buah hati kita. Namun pastikan susu tadi dicerna dengan baik oleh bayi kita. Biasanya gejala susu yang tidak cocok bagi buah hati seperti diare, muntah, kesulitan BAB, anak tidak mau minum susu dan bahkan yang terparah bisa menyebabkan alergi bagi tubuh buah hati kita. Namun pastikan bahwa susu yang kita beli merupakan susu yang sehat dan halal kawan.

Menginjak usia lebih dari setahun dan seterusnya tentu kebutuhan minum susu bagi buah hati kita juga berubah. Mengapa minum susu masih diperlukan ? saya mungkin tidak perlu berpanjang kata yang jelas kebutuhan minum susu bagi masa pertumbuhan anak sangat dibutuhkan. Asupan gizi, nutrisi dan protein harus terpenuhi agar buah hati kita menjadi generasi cerdas penerus bangsa. Dan sekali lagi mohon dipastikan susu yang dikonsumsi anak kita terjamin sertifikasi kesehatan dan kehalalannya. Jangan asal yang penting minum susu. Kok harus sehat dan halal ?

Bagi yang beragama muslim tentu dua syarat diatas bukanlah hal yang muluk-muluk. Karena memang memakan makanan yang sehat dan halal kata pak ustadz sangat dianjurkan oleh agama. Selain itu secara medis dan klinis makanan maupun minuman yang sehat sangat berguna bagi pertumbuhan anak baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu kawan carilah susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak-anak kita. Ane pribadi seringkali mengawasi dan mendampingi buah hati ketika mau membeli maupun minum susu. Jaminan sehat dan halal harus ada dalam bungkusnya. Anak adalah generasi penerus keluarga dan bangsa yang harus mendapatkan yang (susu) terbaik untuk mereka.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog dengan tema susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI, Frisian Flag dan blog detik.

NB : apa yang ane tuliskan diatas berangkat dari pengalaman pribadi yang mendampingi buah hati dalam mengkonsumsi susu hingga umur 2,5 tahun ini

Comments

comments

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Tentang setia1heri 4752 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

3 Comments

Monggo dikomeng gans..