Kota Surabaya pecahkan rekor MURI KB MOW

Pada hari minggu tanggal 26 Februari 2012 kemarin  Pemerintah Kota Surabaya mendapatkan penghargaaan MURI atas prestasinya memecahkan rekor pelayanan KB Metode Operasi Wanita (MOW).  Selama dua hari yakni tanggal 25 dan 26 Februari telah melayani sebanyak 866 akseptor yang tersebar di 4 titik di Kota Surabaya.   4 titik tersebut yakni RSAU dr Soemitro, RSAL Dr. Ramelan, PHC dan RSAD Kodam Brawijaya.

Bagi yang belum paham apa itu MOW?. Sebelumnya perlu diketahui ada beragam pelayanan kontrasepsi mulai dari pil, suntik, IUD, kondom, dan kontrasepsi mantap (kontap). Kontrasepsi mantab ini dibagi dua untuk wanita disebut MOW sedangkan untuk pria disebut MOP.  Jadi MOW atau tubektomi adalah tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma.


Pelaksanaan MOW ini dikhususkan bagi PUS (pasangan usia subur) yang telah sadar dan sukarela memilih kontrasepsi jenis ini. Selain itu biaya pelaksanaan MOW ini gratis bagi masyarakat kota Surabaya. Rincian Pelaksanaan MOW sebagai berikut RSAL dr Ramelan sebanyak 219 akseptor, RSAD Kodam V Brawijaya 117 akseptor, RSAU dr Sumitro 361 akseptor dan RS PHC Pelabuhan sebanyak 189 akseptor. Rekor ini menumbangkan rekor MURI sebelumnya yang telah diraih oleh Kediri dengan jumlah akseptor 654 orang.

Penghargaan ini langsung diserahterimakan dari Senior Manager MURI Paulus Pangka kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai  Kota Surabaya. Dalam sambutanya ibu walikota menekankan bahwa penghargaan MURI bukanlah tujuan utama karena yang terpenting adalah mengendalikan laju pertumbuhan penduduk Kota Surabaya.

foto : surabaya.go.id

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3832 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

5 Comments

Monggo dikomeng gans..