Pelatihan super user Soerya 10.08.

Sebagaimana yang telah ada posting terdahulu bahwa di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan  migrasi system operasi menuju open source. Oleh karena itu sering kali diadakan pelatihan-pelatihan tentang linux dan office di linux. Pelatihan ini kadang diselenggarakan BKD atau Dinkominfo. Maka untuk kesekian kalinya pada hari kamis (19/1) ane bersama teman diminta untuk menghadiri  Workshop super user yang dilaksanakan di Hightech Mall Lantai 3 Surabaya.

Sebelumnya soerya 10.08 atau lebih disebut dengan “Lontong Balap” merupakan perkembangan terkini dari derivasi Ubuntu yang di kembangkan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.  Pelatihan ini diharapkan peserta mampu menjadi ‘super user’ dilingkungan kantor masing-masing.  Pelatihan ini diikuti seluruh SKPD, kecamatan dan sekolah percontohan di Kota Surabaya. Setiap peserta mendapatkan modul dan CD installer soerya 10.08 dan diakhir workshop mendapat sertifikat…hehehe

Dalam pelatihan ini kita diajari langkah-langkah untuk menginstall linux di kompi kita.  Hardisk yang dibutuhkan untuk menjalankan linux kalau gak salah  minimal 20 GB. Mungkin bagi yang sudah terbiasa nginstall sudah tahu step-stepnya, mulai dari partisi hardisk dan membuat swap. Ane sendiri sebenarnya pernah ‘trauma’ ketika menginstall Ubuntu 10.04 tetapi itu ketika awal-awal belajar linux.

Sepertinya kebanyakan linux yang lain, sebelum benar-benar menginstall kita bisa ‘menikmati’ linux terlebih dahulu dengan mencobanya. Kalau cocok tinggal ‘bungkus’…hehehe.  Dalam pelatihan ini juga disampaikan cara menginstall printer di linux. Tahu sendiri kan bagaimana ‘tantangan’nya untuk menginstall printer di linux karena kebanyakan CD driver hanya mau berjalan di Windows.  Namun begitu jangan kwatir, sekarang sudah banyak data base driver di linux sehingga ketika printer dicolokkan tinggal otomatis mendeteksi.

Selanjutnya dilatih cara menginstall modem di Linux.  Berhubung modemnya Cuma ada di instruktur maka peserta hanya mengamati dan memperhatikan dengan seksama. “ Kalau gak bisa harus pandai-pandai cari referensi di internet” ujar instrukturnya. Wadow…mau ngenet kok malah ribet harus cari warnet dulu. Hehehe…Menariknya perkembangan open source Soerya ini sudah didukung repository mirror lokal yakni http://www.soerya.surabaya.go.id .  Bagi kawan yang tertarik melihat open source yang dikembangkan dilingkungan Pemerintah Kota Surabaya silahkan klik link diatas.

Mari dukung Open Source…

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

5 Comments

Monggo dikomeng gans..