Awas angin ribut dan hujan deras…

Seperti  diberitakan beberapa media, saat ini lagi ada cuaca tidak menentu, hujan deras dan juga angin kencang.  Kondisi ini terutama dialami masyarakat yang tinggal di pulau Jawa. Di Surabaya dan sekitarnya juga merasakan hal serupa dimana laju dan kecepatan angin tidak seperti biasanya.  Bahkan dibeberapa daerah di Jawa Timur diberitakan beberapa pohon besar tumbang dan rumah hampir roboh. Secara tidak langsung juga menyebabkan arus kemacetan dibeberapa ruas jalan, terputusnya kabel aliran listrik dan telepon umum.

Beberapa kawan juga melaporkan banyak pot-pot bunga dilantai atas yang berjatuhan dalam kondisi  angin ribut ini.  Atap genteng juga berjatuhan akibat angin dengan kecepatan  diatas rata-rata ini.  Kondisi  angin seperti ini tidak mesti bersamaan dengan  datangnya air hujan saja tetapi kondisi cuaca normal pun (agak mendung) juga  nggebyezzz.

Bahkan dari berita detiksurabaya.com dilaporkan ada biker di Bondowoso yang patah tulang kaki dan luka-luka akibat tertimpa tumbangnya pohon di sekitar jalan.   Mungkin ini warning bagi semua pengguna jalan agar berhati-hati bila melewati pohon-pohon besar terutama yang sudah berusia puluhan tahun.  Dan kalau berteduh ketika hujan deras lebih baik cari tempat yang aman, jangan di pohon yang sudah tua. Takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Menurut laporan BMKG Jawa TImur sebenarnya kecepatan angin hanya berkisar antara 25-45 km saja, namun ternyata keadaan dilapangan berbicara lain dengan dampak yang dihasilkan. Mengutip suarasurabaya.net,  Achmad Bisri Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda,” Kalau biasanya kecepatannya 20-30 km/jam, hari ini bisa mencapai 40 km/jam bahkan lebih. Angin dari arah Barat hingga Barat Laut. Angin yang bertiup kencang ini karena pengaruh adanya tekanan rendah atau tropical low di 16,1 derajat Lintang Selatan, 109,7 derajat Bujur Tikur di Samudera Hindia bagian selatan,” paparnya. Tropical Low ini kata Bisri berpeluang menjadi Tropical Cyclone atau badai. Diprediksi angin kencang terjadi hingga tanggal 27 Januari 2012.

Selalu waspada kawan, jangan lupa berdo’a untuk keselamatan….

Sumber : suarasurabaya.net, detiksurabaya.com dan meteo.bmkg.go.id

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4018 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

8 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Hujan Pertamax, Hati-hati musim pancaroba [surabaya] « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..