Awas ada tipu-tipu di hape lagi….

Sebenarnya ini  sudah isu lama tapi siapa tahu ada yang  belum tahu. Sms  penipuan berupa minta pulsa dan  minta tolong dikirim uang ke rekening tertentu. Untuk sms minta pulsa saya pikir semua sudah paham dengan beragam versinya mulai dari yang minta papa, mama, embah, kakek dan nenek serta dengan beragam versi bahasa baik bahasa Indonesia maupun bahasa Jawa. Seperti yang pernah ane posting disini.

Nah yang lumayan baru (sebenarnya dah lama juga sich…) yakni sms penipuan terkait minta dikirim (transfer) uang ke nomor tertentu. Sebenarnya sms ini lebih cocok untuk mereka yang sering trasnper uang terutama  bagi pedagang atau pembeli online.  Beberapa teman dikantor ada yang mendapatkan sms ini merasa kebingungan namun ane bisa meyakinkan kalau itu penipuan saja.

Ane sendiri juga mendapatkan sms terkait transper uang. Berhubung ane lagi gak ada transaksi online maka ane iseng jawab,”Loh katanya via BCA?”. Tetapi dari si penipu tidak ada jawaban sama sekali. Sepertinya modus penipuannya berupa bombardier sms alias acak atau mungin pakai mesin bomber sms.

Oleh karena kawan berhati-hati terhadap sms atau telpon yang mengabarkan transfer uang atau  anda dapat hadiah (mobli, handphone, mesin cuci, dll). Pastikan bahwa telpon itu benar dan tidak penipuan. Caranya ? hubungi langsung vendor terkait  atau kalau ada permintaan uang transper sebagai uang muka maka itu jelas-jelas penipuan (kecuali agan mau sewa/beli apa yang sudah jelas dasar hukumnya).  Untuk modus transper rekening dimohon pihak berwajib bisa menelusuri keberadaan rekening tadi atau mungkin pihak bank dapat memblokir rekening penipu tersebut.

Kawan, sekali lagi hati-hati penipuan via sms atau telepon….sudah banyak korban berjatuhan yang sungkan untuk melaporkan.

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

18 Comments

  1. wach….jangan-jangan dari binih muda nich, yang minta ditransfer,xixixixixixiiii……….

    • @ wahyu : yappp…
      @ rendi : wah…gantian ditipu yah?wkkwkkw 😀
      @ ipan : siiipn…
      @ andhi : rekening listrik gak punya om? xixixixi 😛
      @ masdar : anggap aja sms nyasar..hehehe
      @ gesang : waduh buka rahasia perusahaan nih….heheehe 😀

  2. kata kawan saya, entah benar ato ga, ada sms macam tu yang klo kita balas, dianggap langganan sms premium, n ujung2nya pulsa kepotong…

  3. ane juga sering neh.. kirain penjual di FJB coz pd waktu itu ane lg ad transaksi.. untungnya udah aware dan sadar.

  4. hati2 mas itu merupakan modus baru penyedotan sms dari okmun2 tak bertanggung jawab, lebih baik gausah dibales daripada pulsa tiba2 kesedot

1 Trackback / Pingback

  1. Sms sampah lagi di hape… « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..