Memaknai Patriotisme

Sekedar mereview rutinitas setiap tanggal 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.  Sebuah peringatan yang dinisbatkan pada perjuangan arek-arek suroboyo mempertahankan kota dari cengkraman kembali dari imprealis kolonialis Belanda pada tanggal 10 November 1945. Dan symbol perjuangan itu adalah penyobekan bendera belanda di hotel Yamato (Oranje hotel-sekarang Hotel Majapahit). Penyobekan bendera penjajah belanda ini dilakukan dengan gagah berani oleh para pemuda dan pejuang di Kota Surabaya. Satu ikon pemimpin itu adalah Bung Tomo yang terkenal dengan pidato garangnya untuk membangkitkan semangat perjuangan. Pertempuran hebat dikota Surabaya ini memakan ribuan korban jiwa dan ratusan ribu warga sipil mengungsi keluar kota.

Jiwa kepahlawan itu memang perlu direfresh untuk membangkitkan semangat perjuangan.  Tulisan ini sengaja ingin memotret sisi-sisi seorang patriotis yang sering kali dilupakan oleh zaman. Berikut kawan beberapa hal yang menurut penulis perlu kita teladani bersama.


  1. Para pahlawan itu senantiasa rela berkorban dengan segenap apapun yang dimiliki baik harta, jiwa maupun nyawa untuk kepentingan umum, bangsa dan negara.  Bukan sebaliknya mengeruk kekayaan negara untuk kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Para pahlawan itu adalah orang-orang yang ikhlas tanpa berharap adanya timbal balik terhadap perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan.
  3. Pahlawan itu bukanlah sebuah jabatan atau prestise tetapi hanyalah sebuah symbol untuk menyebut mereka-mereka orang biasa yang berani dan rela berjuang dengan segala bekal yang dimiliki.
  4. Pahlawan itu adalah orang yang senantiasa memberikan kemanfaatan kepada orang lain dengan segala keterbatasan yang dipunyai
  5. Pahlawan itu bukanlah super hero dengan kekuatan super yang dimiliki tetapi mereka adalah orang-orang biasa yang melakukan pekerjaan luar biasa tanpa mengenal menyerah dan putus asa.
  6. Gelar pahlawan bukanlah sebuah transaksi jual beli akan tetapi rakyat dan masyarakatlah yang akan menilai apakah pantas seseorang menyandang gelar pahlawan.

Demikian kawan review singkat spirit patriotism yang dapat ane ungkapkan. Mungkin ada kawan yang punya ide lain untuk mengungkapkan siapa kah sosok pahlawan itu? suwun yo rek…

Met Hari Pahlawan ke-66

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4014 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

7 Comments

Monggo dikomeng gans..