7 barang biker saat musim hujan

Bulan November ini sepertinya di beberapa tempat sudah mulai hujan secara sporadis. Hujan yang turun mulai dari intensitas ringan hingga intensitas sedang bahkan di beberapa tempat menyebabkan banjir. Kita tidak bisa mengelak dari musim hujan karena ini merupakan siklus tahunan setelah musim kemarau.  Sebagai seorang biker yang sebagian besar waktunya habis di jalanan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menyongsong musim hujan.

Berikut kawan 7 barang biker versi setia1heri yang diusahakan harus ada menyongsong musim hujan :

1. Jas hujan

Barang yang satu ini sepertinya bersifat wajib. Selain menunjang mobilitas juga melindungi badan dari efek air hujan. Bagi biker disarankan memakai jas hujan jenis pakaian (atasan dan bawahan) karena selain aman bagi diri sendiri juga tidak membahayakan orang sekitar. Setia1heri melihat beberapa kasus orang terjatuh ketika memakai jas hujan jenis kelelawar karena jas hujannya tergilas roda belakang yang menyebabkan yang bersangkutan tertarik dan terjatuh.


2. Jas hujan sepatu/ boot

Bagi yang tidak mau sepatunya basah atau belepotan kena lumpur, maka barang yang satu ini mesti dibawa setiap harinya ketika hujan turun.

3. Shampoo motor

Siapkan sebanyak mungkin stok sampoo motor karena pada musim ini kita akan lebih sering memandikan kendaraan kita (bagi yang cuci motor sendiri lho ya…). Bisa jadi hampir setiap hari kita akan mencuci motor kita. Tetapi kalau tidak mencuci motor sendiri maka harus dianggarkan budget untuk mencuci motor itu sendiri…. hehehe 😛

4. Kanebo / kain lap

Barang yang satu ini cukup penting untuk mengeringkan bodi motor kita sehabis kehujanan. Terutama bagi tempat parkir yang outdoor dimana ketika hujan turun pasti akan membasahi motor kita.

5. Spakbor

Bagi aliran yang tidak suka dengan spakbor terutama spakbor belakang maka pada musim hujan ini perlu dipertimbangkan kembali untuk memasangnya.  Hal tersebut guna menghindari lumpur yang muncrat dari roda kendaraan kita.

6. Toolkit motor

Ini sebenarnya toolkit standar yang pasti dimiliki setiap kendaraan. Mungkin sebelumnya jarang kita bawa sehingga pada musim hujan ini perlu dipikirkan kembali terutama tools untuk membuka busi sehabis mati karena terendam banjir.

7. Busi cadangan

Barang yang satu ini tidak ada salahnya kita siapkan untuk jaga-jaga kalau busi kita mati karena kemasukan air atau terendam banjir.

Demikian kawan 7 barang biker yang harus dipersiapkan  dalam menghadapi musim hujan, mungkin ada pengalaman pribadi silahkan di sharing kemari…keep safety first.

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3993 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

21 Comments

  1. sayangnya kalo naik motor semprot kaya saya repot juga….
    jas hujan masih bisa dimasukin ransel, lha kalo boot??
    mungkin perlu ada Megapro Helm In kali.. biar bisa buat nyimpen boot.. 😀

  2. Nambahin…. Siapin WD40 jg. Semprot dibagian busi & kop busi, kunci jok, kunci kontak, dan bagian2 kelistrikan yg lain biar lebih aman klo terpaksa menerjang genangan air.

  3. @valen : pakai top box bro…atau klo simple pakai jas hujan sepatu aja..gak banyak makan space
    @BMW : klo ndak keseso monggo..
    @wiro : apa itu ? mklum ndak tahu bener…
    @cafebiker : betul..3x
    @ mbr66 : siiip… 😛

  4. Info penulis dan komentatornya menarik dan bermanfaat! sedap. Kalau saya sih bawa hp dan rokok saja. Klo hujan minggir, ngudut, dan browsing hehehe 🙂

  5. ane kalo hujan, tambah oper gigi kencengin tuh motor ada kale 80km/jam,mana helm basah menutup pandangan , jadi liat itu ibarat cuma liat cahaya kuning dr motor laen..
    bener2 gak recommended..jangan ditiru

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Maap komeng anda kami anggap SPAM « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Waspadalah musim hujan… « www.setia1heri.wordpress.com
  3. Hati2 memakai jas hujan ponco atau kelelawar aka Batman « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..