Suara’ aneh’ di mesin pulsar

Suara’ aneh’ di mesin pulsar

Tak…tak…tak “ begitulah suara deru mesin Milestone ketika kamis pagi hari (6/10) ane starter untuk memanasi mesin.  Ane bingung dan kaget dengan suara yang tidak biasanya itu.  Ane hapal betul dengan suara awal mesin ketika pulsar distarter awal. Oleh karena itu ane percaya bahwa ada yang tidak beres dengan  mesin motor pulsar 180 UG IV ini. Padahal seinget ane sebelumnya tidak pernah jatuh, panic gas, oli rutin dikontrol atau masalah lain apapun.

Ane mencoba memastikan sumber suara mesin itu ternyata memang benar dari blok mesin. Sembari bingung terkait suara-suara tersebut  ane menggeber-geber gas. Ternyata ketika mesin sudah mulai panas, suara aneh tadi pun mulai hilang. Hati ane sudah tenang tetapi tetap menimbulkan pertanyaan. Dan ane pun berangkat kerja..

Sore harinya kejadian suara aneh itu berulang lagi dan seperti biasa ane langsung menggeber-geber gas lagi. Setelah ane analisa ternyata suara ‘tak-tak-tak’ tadi muncul ketika kondisi mesin dingin. Hal ini ane ketahui ketika hari-hari selanjutnya hingga sabtu (8/10) ane pergi ke beres gresik.


Kepada mas basit mekanik beres Bajaj Gresik ane sampaikan keluhan suara aneh tadi. “Oio kok aneh yo” terang mekanik ini ketika mendengar suara mesin pulsar ane.  Setelah dipastikan asal suara aneh tadi bro basit langsung membuka blok mesin.  Bro basit sendiri sebenarnya juga tidak mengerti pasti penyebab munculnya suara tadi. Namun beliau tetap membuka blok mesin, membuka baut dan mengencangkan part-part yang ada di blok mesin.

Setelah dipasang senpurna, Milestone tadi dicoba starter. “ Suaranya dah hilang” tutur bro basit. Ane hanya bilang kalau kondisi mesin sudah panas maka suara tadi memang akan hilang. Maklum sebelum masuk garasi beres, milestone sudah distarter dan di gas oleh bro basit. Oleh karena itu asumsi ane mesin masih dalam kondisi panas. “Mau ditunggu sampe mesin dingin dulu ?”tanyanya. Berhubung waktu mendesak maka ane hanya bilang entar kalau dirumah suara kumat lagi ane call saja. Dan alhamdulillah sampai sekarang suara aneh itu tidak muncul lagi…

Bagi kawan ada yang pernah mengalami suara aneh tersebut segera ke beres terdekat. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan …maap tidak sempat merekam suara tak-tak-tak tadi soalnya kondisi bingung.

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3889 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

30 Comments

  1. sama…nggonku yo ngunu….beberapa temen di PCM juga gitu…bro adhi maulana bilang itu kena rante kamrat-nya….soale setelah ganti kamrat di mas gading…suarane sudah gak pernah kumat lagi

  2. coba di cek rantai ketengnya mas,,kemungkinan udah kendor dan adjusternya coba dikencengin (kalo masih bisa),,mirip penyakit di motor sport Honda..kalo udah kendor banget rantai ketengnya ya harus diganti jlan satu satunya,,,semoga berguna

  3. aku pengen ni motor bro sayang di kota ku cuma ada 1 dealer n dealer nya cuma support motor doank,sparepart semua hrus inden….jadi takut nanti kalo kenapa2 harus benerin dll…..jadinya ane harus lupain harapan ne motor lagian tubuh ane kecil 160cm/45kg

    hiks hiks hiks

    • @ nana : amiiin..
      @indra : nais inpoh bro…ntar klo kumat lagi bisa dicoba
      @mitra : wah ane ndak tahu kalo itoe…
      @bimo96 :dikota mana bro? ane pnya temen yg tubuhnya kurang dari itu malah ambil p220..lha itu masalahnya sparepart ..hehehe. 😛

  4. Malem braders, ane tinggal di Jakarta. PIBO ane juga kayanya kena trouble yg sama. Tapi menurut pendengaran ane, bunyi Tak Tak Tak itu gak ngaruh mesin dingin ato panas, en bunyinya juga kaya dari dalam CrankCase. Bunyi itu baru kedengeran beberapa hari terakhir ini, Odometer sudah di 30165km. Kira2 baiknya Beres mana yang bisa nanganin ya?… Trims atas pencerahannya.
    Aghoy.

  5. @ hanx : lah..ini bukan suara uka-uka lho 😛
    @ bAdcOp : spertinya sbelah kiri, pengaruhnya apa om?
    @ nanared : ane gak bertanggungjawab lho … xixixi 😛
    @ bintang : spertinya begitu 😀
    @aghoy : wah ane ndak tahu bro…coba kontak temen2 PRIDES CJ dan Cabin atau nanya di milis pulsarian ;-D
    @ ipan : spertinya begitoe..

  6. masalah yg sama di UG4 ane…padahal KM baru 7000-an. udah coba bawa ke beres, diinapkan semalaman, pas paginya di idupin tuh bunyi nyaring bgt klo mesin msh dingin. akhirnya di bongkar blok mesinnya…gak tau tuh dikencengin ama mekaniknya…pulang dari beres tetep aja bunyi-nya gak ilang. apa bodycom starter-nya yah ? mo ganti mahal euy…200 rb-an

    • @ boerhunt : betul..itu sih normal
      @ gogo : yap…tengs
      @dj yankuro : wah ane gak ngerti bro…klo kata tmen2 diatas…rantai kamrat minta di ganti…smoga cepat tertangani…:-D

  7. sama dengan penyakit motor saya,, sempet nginep di beres 2 minggu tekanan motor ilang,, di cek katanya harus ganti noken as dan ganti klep… udah nyala tu motor malah ada suara klek klek klek gitu dari blok mesinnya…. pening liat ni motor….

  8. sama dengan penyakit motor saya..klw manasin motor pagi, suaranya ketara banget tp klw dah panas berkurang… blok piston + noken as masih baru, rantai timing dah ganti, terakhir ganti juga piano (rocker arm) tp ga sembuh, tp suara klek klek nya dah berkurang …. mungkin ga ya stang sehernya kena juga….

1 Trackback / Pingback

  1. Terima kasih kembali blog visistor « www.setia1heri.wordpress.com

Monggo dikomeng gans..