Taman responsive anak…

Taman responsive anak…


Hampir dipastikan diseluruh kota di Indonesia terdapat taman-taman kota di dalamnya. Beragam konsep dan bentuk taman yang ditawarkan, yang jelas ruang terbuka (hijau) ini sangat diperlukan terutama bagi anak-anak. Tidak sekedar menghias kota saja akan tetapi bagaimana keberadaan taman ini bisa menjadi sarana rekreatif sekaligus edukatif bagi tumbuh kembang anak-anak.  Di Surabaya sendiri terdapat belasan taman-taman kota mulai taman Bungkul, taman Flora, taman Prestasi, taman Mundu, taman Lansia serta beragam taman-taman yang lain. Setiap taman mempunyai tawaran dan spesifikasi yang berbeda terngantung konsepnya.

Keberadaan ruang publik ini sangat diharapkan oleh masyarakat. Ruang terbuka hijau ini bisa digunakan refreshing sekaligus family gathering. Sebuah suasana yang mampu membangun kedekatan emosional antara orang tua dengan buah hatinya. Namun sayang kadang kebanyakan taman ternyata tidak responsive anak dan lebih sering digunakan untuk pacaran muda-mudi yang agak kelewatan.  Ane sangat apresiate dengan kebijakan pengelola Taman Flora (Kebun Bibit) Surabaya yang senantiasa mengingatkan pengunjung melalui pengeras suara agar tidak pacaran di taman karena taman tersebut adalah taman keluarga. Keberadaan muda-mudi yang pacaran kelewatan dianggap akan mengganggu tumbuh kembang anak-anak yang berada di taman.

Taman yang responsive anak setidaknya mengakomodir kebutuhan dan keinginan anak seperti wahana permainan, taman baca, kondisi toilet yang peduli anak, bentuk fisik yang tidak membahayakan anak serta ketersediaan air minum bersih yang bisa langsung diminum. Di beberapa sudut kota Surabaya sudah menerapkan konsep taman tersebut sebagai sarana untuk mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak.

Kalau di Gresik sendiri sarana Ruang Terbuka Hijau salah satunya adalah Bunderan Gresik Kota Baru (GKB). Di tempat inilah kadang sabtu pagi atau minggu sore ane bercengkrama dengan anak dan istri walaupun hanya duduk-duduk melihat lalu lalang kendaraan bermotor. Disini wahana permaian sudah tersedia bagi anak walaupun beberapa bagian sudah rapuh dan pecah-pecah seperti bandulan, prosotan, dan ‘timbangan’.  Sebagai gantinya disini terdapat juga perputaran bisnis yang berkaitan dengan anak seperti arena permainan mancing, sewa mobil-mobilan, dan beragam jajanan kuliner yang lain.  Kita berharap pemerintah kabupaten Gresik bisa merespon keberadaan taman yang responsive anak di Gresik. Anak adalah generasi penerus peradaban ini…

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 4044 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Wahana bermain anak di Bunderan GKB Gresik. | www.setia1heri.wordpress.com
  2. Momen Valentine Day, MPM gelar family gathering bersama konsumen loyal Honda di Ciputra Waterpark – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..