Sulit Netral? Bukan karena Oli saja

Motor Sulit Netral? Bukan karena Oli saja. Mungkin bagi beberapa pengguna pulsar terutama pulsar 180 UG IV sering kali mengalami kesulitan dalam menetralkan gigi. Posisi  N sangat sulit dicapai dari gigi 1 sehingga beberapa rider ‘mengakali’ dengan diawali dari gigi 2 terus ditekan setengah hingga akhirnya posisi N. Itupun kadang tidak langsung N tetapi beberapa ‘klik-klik’ baru bisa mencapai posisi N yang dibuktikan dengan lampu indicator Netral menyala hijau.

Sulit Netral? Bukan karena Oli saja

Ketika mengalami kondisi diatas sering kali kita menyalahkan oli yang kita pakai. Memang sih beberapa jenis oli memang berpengaruh terhadap pergerakan posisi gigi tetapi itu tidak satu-satunya yang menentukan. Ane baru tahu kalau ada factor lain yang menyebabkan kesulitan menetralkan gigi yakni karet silinder. Entah benar atau tidak menyebutnya yang jelas karet kecil berbentuk bundar ini kalau sudah ‘aus’ akan mempengaruhi kesulitan dalam menetralkan gigi. Inipun baru ane ketahui ketika servis sabtu (13/8) di beres gresik.

Sebelumnya hari jum’at (12/8) seperti biasa ane iseng-iseng melihat motor.  Kwatir kejadian paku menempel di ban terulang lagi. Ketika mengamati motor, mata ane tertuju pada blok mesin. Kok sepertinya ada yang merembes ya?. Ane mencoba mengamati lebih dekat untuk memastikan ternyata benar oli merembes. Sebelumnya ane kira kondisi basah itu adalah sisa-sisa mengganti oli  (Motul) minggu yang lalu ternyata oli itu benar-benar merembes.

Sulit Netral? Bukan karena Oli sajaHari sabtu (13/8) pagi langsung ane bawa ke beres gresik. Sama mekanik ditanya apakah ada kesulitan dalam menetralkan gigi.” Iya mas dalam 3 minggu belakangan” jawab ane sambil mengamati blok mesin. Sang mekanik menjelaskan bahwa karet yang ‘membantu’ menetralkan gigi telah ‘aus’ sehingga harus diganti. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengganti karet tadi…

Sulit Netral? Bukan karena Oli sajaOOO..baru tahu ternyata karet itu yang menyebabkan oli merembes dan kesulitan dalam menetralkan gigi…cmiiw


maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : https://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3860 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

15 Comments

  1. ati2 broth.. mungkin krn overheat jadi banyak yg aus..karet jadi pada kebakar..
    bukannya ane ngejelekin merk, tp dari suara aja udah kebuktian

    klo suara mesin kasar -> high friction -> panas -> loss power -> boros bensin, jeroan jadi aus -> problem -> dompet jebol.. 😯

    penyebab ? macem2 misal pake oli yg kurang bagus, oli palsu/jelek..
    -jeroan byk udah aus/rusak
    -cacat produksi -> wah klo yg ini siyh udah apes nasip 😥

    temen ane pake p200 baru setaon udah banyak operasi dalem ganti jeroan mis: ring piston,dll..

    tergantung perawatan juga siyh broth..pulsar itu kenceng tapi irit tapi ?? resikonya mesin lebih panas dr merk laen

    • @ juragan warung : sama2 mazbro..
      @ willykk : nais inpoh…jujur ane tidak paham dan ngerti permesinan 😀
      @ warga sipil : wkwkwk….durung di slameti paling 😛
      @ nanared : sama2…klo merk lain belum tahu bro

  2. pulsar saya th 2010 pembelian bln 10 . 2010,dari awal sudah begitu…sampe sekarang malah tambah parah…untuk netralin nya,jadi sekarang kudu matiin mesin dulu baru bisa netral…

  3. sekarang bajaj malah memikirkan produk terbaru nya….bukan nya membenahi kekurangan produk nya yg sudah ada….jangan seperti menjual kacang goreng aja, pkirkan dong kekurangan,kelemahan dari produk yg sudah ada itu,dengarkan dan pelajari dari keluhan keluhan pengguna bajaj, terus spare part itu yg hurus lebih di pikirkan bukan produk tebaru yg mesti di pikirkan.

  4. Sama nih kasusnya ama pulsar p220 ane, oli rembes dari situ…… btw makasih infonya bro…. pulsar ane baru 6 bulan …., bener tuh BAI harusnya benahi dulu kekurangan2 produknya …

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Coba Oli baru, FK Massimo Super « www.setia1heri.wordpress.com
  2. Sungguh T E R L A L U : sulit netral dan netral sendiri… « www.setia1heri.wordpress.com
  3. Coba Oli baru, FK Massimo Super | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..