Peringatan HAN dan HARGANAS Tahun 2011 Kota Surabaya

Peringatan HAN dan HARGANAS Tahun 2011 Kota Surabaya

 

Ada yang berbeda dari peringatan HAN tahun 2011 ini dengan tahun sebelumnya. Selain dari variasi lomba-lomba, tempat yang lebih teduh, peserta yang membludak yakni bertepatan dengan penganugerahan Kota Surabaya sebagai salah satu kota yang sukses membuat program dan langkah menuju Kota Layak Anak. Penganugerahan ini dilakukan di Jakarta (23/7) yang diserahterimakan dari Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak kepada Ibu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Peringatan Hari Anak Nasional dan Hari Keluarga Nasional berlangsung mulai Jum’at hingga Minggu tanggal 22-24 Juli 2011 di Taman Flora (Kebun Bibit) Surabaya. Tanggal 22-23 berlangsung lomba-lomba untuk anak usia TK/RA hingga SMA/SMK/MA. Sedangkan tanggal 24 merupakan Puncak Peringatan dengan diawali jalan sehat keluarga dan minum susu bersama.

Tema HAN tahun 2011 ini adalah Arek Suroboyo berperilaku sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berprestasi”. Kegiatan lomba-lomba yakni Lomba mewarnai untuk anak TK/RA, Lomba meneruskan cerita dengan gambar untuk anak SD, Lomba Kreasi Tari Modern untuk anak SLTP, Lomba Mading 3D untuk anak SLTA, Lomba madding 2D untuk anak SLTP, Lomba tari remo untuk tingkat SD dan lomba poster untuk tingkat SLTA. Lomba – lomba berlangsung meriah dan seru banget. Untuk pemenang diambil juara I,II,III dan Juara harapan I,II,III. Khusus untuk lomba meneruskan dengan gambar ditambahkan 15 terbaik sedangkan untuk lomba mewarnai diambil 15 terbaik saja dan 20 baik non gelar.

Juara I Lomba Mading 3D adalah anak-anak SLTA dampingan ISCO, juara I Lomba Mading 2D oleh SMPN 10, Juara I Lomba Poster disabet oleh SMKN II, Juara Lomba remo dipegang oleh SDN Simomulyo I, Juara Lomba Tari Kreasi dan Dance modern digenggam oleh SMPN 4, sedangkan untuk Juara I Lomba meneruskan cerita dengan gambar dibawa pulang oleh Clara dari SD Pecinta Damai.

 

Hari minggu (24/7) merupakan puncak peringatan HAN yang diawali dengan gerak jalan sehat. Rute jalan sehat adalah jalan manyar, ngagel jaya utara, ngagel madya, bratang binangun dan berakhir di kebun bibit. Jalan sehat dibuka langsung oleh Bapak Wakil Walikota Surabaya, Bambang DH dan Ibu Diah Katarina dan diikuti ratusan peserta lain. Setelah jalan sehat selesai dilanjutkan acara minum susu bersama.

Acara puncak peringatan HAN berisi penampilan seni, aksi dan atraksi arek-arek Surabaya untuk unjuk gigi terkait kemampuan yang dimiliki. Para pemenang lomba tari remo dijadikan sebagai tari pembuka acara yang disusul paduan suara dari SDN Kaliasin III. Berbagai seni ditampilkan dalam pagelaran puncak ini mulai dari tari kuda lumping, seni angklung alang-alang,  band anak SD, band anak SMK, tarian lascar anak bangsa dan Samproh (seni qasidah modern).

Di sela-sela pagelaran seni dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis berupa pemberian bantuan 100 paket alat tulis dari PT. PJB dan juga pemberian beasiswa untuk anak kurang mampu dari BMH. Selain itu pula dilakukan penyerahan hadiah bagi juara I,II, III untuk pemenang lomba-lomba yang telah diadakan sebelumnya.

Pembagian doorprize gerak jalan berlangsung meriah dan menegangkan. beberapa peserta memelototi terus nomor-nomor kupon yang dipegangnya. Wajah-wajah tegang dan penuh harap menyelimuti para peserta yang sudah menunggu sejak pagi hari.  Beberapa hadiah yang ada yakni kipas angin, hape, paket alat rumah tangga, kompor gas, dan 2 sepeda.

Demikian kawan tulisan singkat mereview peringatan HAN 2011 sekaligus HARGANAS 2011 dimana penulis terlibat didalamnya sebagai panitia. Semoga kegiatan ini sebagai salah satu momentum untuk mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak. maturnuwun rek…

Comments

comments

Tentang setia1heri 5683 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..