Hasad (dengki)

Hasad (dengki)

“ Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia melakukan kedengkian” (QS : Al-Falaq : 5)”.

Dengki itu adalah salah satu penyakit jiwa dimana kehilangan kewarasan fikiran atau kurang beres jiwanya. Oleh karena itu orang yang menderita penyakit ini sakit hatinya bila melihat Allah memberikan anugerah atau nikmat kepada hamban-Nya yang lain. Berangkat dari kedengkian inilah kadang muncul tindakan-tindakan abnormal diluar kewajaran.

“Hasad atau dengki dosa kepada Allah yang mula dibuat dilangit, dan dengki juga dosa yang mula-mula dibuat orang dibumi. Dosa dilangit ialah dengki iblis kepada Adam. Sedangkan dosa di bumi ialah dengki Qabil terhadap Habil”

Berkata Ahli hikmat,”Orang yang dengki memusuhi Allah pada lima perkara; (1) Bencinya kepada Allah mengapa memberikan nikmat kepada orang lain, (2) Sakit hatinya melihat pembahagiaan yang dibahagiakan-Tuhan,-“Seakan-akan dia berkata:”Mengapa dibagi begitu?”. (3) Dia menantang Allah; karena Allah member kepada siapa yang Dia kehendaki, (4) Dia ingin sekali supaya nikmat yang telah diberikan Allah kepada seseorang agar dicabut Tuhan kembali, (5) Dia bersekongkol dengan musuh Tuhan dan musuhnya sendiri, yaitu Iblis.”

Ahli hikmat yang lain menulis pula;” Tidak ada yang akan didapat oleh orang yang dengki itu di dalam suatu majlis selain dari sesal dan jengkel, dan tidak ada yang akan didapatnya dari Malaikat selain dari kutuk dan kebencian, dan tidak ada pula yang akan didapatnya ketika dia bersunyi seorang diri selain kecewa dan susah, dan tidak ada yang akan didapatnya di akhirat kelak selain dari dukacita dan terbakar, dan tidak ada yang akan didapatnya dari Allah selain dari dijauhkan dan dibenci.”

 Sumber : Tafsir Al-Azhar Juz XXX, Prof. Dr. Hamka, Pustaka Panjimas, 1988

baca juga :

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

  1. adzab buat orang dengki yaitu adzab bakar sudah dirasakan di dunia.. tiap merasa dengki, hatinya akan terasa panas terbakar..

Monggo dikomeng gans..