Refresh islam kita…

Refresh islam kita…

Tulisan ini ane tujukan untuk mengingatkan ane pribadi yang sering kali lupa. Sekedar merefresh ingatan kita sewaktu SD, atau ketika ‘ngaji’ di rumah pak Kyai. Dan memang tidak ada salahnya kalau kita mengingat sejenak hal-hal mendasar terkait keislaman kita. Sebuah komitmen iman dan islam yang dibawa salah seorang umat manusia akhir zaman, Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Untuk merefresh tentu kita harus tahu dulu rukun iman dan rukun islam. Tidak apalah kita mengingatkan memoriam ketika masa-masa di TPA atau TPQ yang senantiasa kita senandungkan.

“Sesungguhnya Islam itu dibangun atas lima perkara: bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji ke Baitullah dan puasa di buIan Ramadhan” (HR. Bukhari Muslim)

Rukun Islam ada 5 (lima) :

1.       Syahadat

2.       Sholat

3.       Puasa

4.       Zakat

5.       Haji (bagi yang mampu)

”Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada Malaikat-Nya, kepada kitab-kitabNya, kepada Utusan-utusanNya, kepada Hari Kiamat dan hendaklah engkau beriman kepada Qodar yang baik dan yang buruk” (HR Muslim)

Rukun Iman ada 6 (enam):

1.       Percaya kepada Allah SWT

2.       Percaya kepada Nabi dan Rasul  Allah SWT

3.       Percaya kepada Malaikat Allat SWT

4.       Percaya kepada Kitab Allah  SWT yaitu Al Qur’an

5.       Percaya kepada Hari Kiamat / Hari Akhir

6.       Percaya kepada Qada dan Qadar atau Ketentuan Allah SWT

Itulah kawan, sangat simple rukun islam dan rukun iman diatas. Semua point diatas harus kita penuhi tidak ada yang boleh ditawar. Hal-hal diatas itulah yang perlu senantiasa perlu kita ingat sebagai bekal hidup kita baik di dunia apalagi di akheerat kelak.

 

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..