12 syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya, Monggo disimak gans..

ktm indonesia

12 Syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya, Monggo disimak gans..Setiap modifikasi motor selalu menimbulkan implikasi khususnya yang berhubungan dengan pak polisi. Tidak sedikit kabar ada tilang diberikan kepada motor-motor modifikasi yang kebetulan lagi apes lewat dijalan raya. Nah biar brosis semua yang suka modifikasi bisa tenang dan nyaman saat berkendara monggo disimak 12 Syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya, Cekidot..

modifikasi suzuki shogun 110r menjadi gsx rr warna biruPramita Krisna Dalem mengunggah pengalamannya di grup ‎Motuba pada tanggal 15 Desember 2015 silam. Meskipun begitu apa yang ditulis masih relevan karena undang-undang yang diajukan acuan belum mengalami perubahan. Ada 12 poin yang ditulis sebagai syarat agar hasil modifikasi tidak kena tilang. Mongg disimak

Dari rekan yg lebih berkompeten di bidangnya

Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat kita memodifikasi motor yang legal di jalan raya. Pastikan beberapa hal berikut :

  1. Spion tetap ada, berjumlah dua dan berfungsi.
  2. Lampu depan, belakang, dan dua buah sein depan serta belakang ada dan safety.
  3. Jika untuk kontest boleh saja semau anda berkreasi, tapi jika buat harian(daily use) wajib mematuhi peraturan lalu lintas.
  4. Data pada motor sesuai STNK seperti Nomer Rangka, Nomer Mesin, Nomer Registrasi Kendaraan, Plat Nomer sesuai, Warna sesuai. Jika dirubah, harap melakukan registrasi ulang untuk mutasi.
  5. Modifikasi yang tidak merubah kapasitas mesin, dimensi kendaraan, daya angkut tidak wajib melapor ke Kepolisian.
  6. Aksesoris custom diperbolehkan asal tidak melanggar ketentuan UU dan ketentuan dari ATPM Produsen motor tersebut.
  7. Knalpot aftermarket yang di pakai di jalan raya wajib dbKiller ataupun memiliki standart Road Legal serta tingkat kebisingan rendah.
  8. Thailook adalah modifikasi yang tidak direkomendasikan pada sisi ban yang terlampau kecil, lebih cocok ke motor kontest.
  9. Japstyle, Caferacer, dan aliran-aliran motor classic lainnya diperbolehkan asal Plat Nomer, Nomer Mesin, Nomer Rangka, Warna, sesuai STNK. Serta poin 1, 2, 3, 5, 7 wajib dipatuhi.
  10. Motor Touring, tidak diperbolehkan berlebihan memakai lampu tembak, serta pemakaian box harus sesuai dengan dimensi motor dan tidak melebihi daya angkut motor.
  11. Penggunaan stang super lebar tidak diperbolehkan jika melebihi dari 50mm jarak dari stang standart.
  12. Semua motor yang dikendarai di Jalan Raya wajib pajak hidup.

modifikasi supra pakai headlamp tigerMudah2an gak dipake bahan ribut dan debat tanpa ujung lagi. Saya rasa percobaan penjelasan dari rekan kami ini sudah cukup mewakili ‘terjemahan’ pasal terkait

Silahkan disesuaikam untuk motuba (untuk ban dan lainnya)

Intinya, asal dalam batasan kewajaran, gak ada yg ngurus.
Yang cicit cuit saya pantau banyaknya yg mencari pembenaran atas ‘modif’ kelewatan yg dilakukan tapi gak mau ngaku (termasuk beberapa rekan saya sendiri)

Semoga bermanfaat
9 Desember 2015

Itulah mantemans 12 syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya. Beberapa warganet pun turut memberikan komentarnya. “saya pernah tanya ke salah satu petugas registrasi samsat jember, katanya harus standart total. bahkan punya vixion lama ganti velg lebar vixion barupun menurutnya gak boleh. hadeh… langsung saat itu saya hentikan diskusi saya krn yakin gak akan berujung dan buang2 waktu diskusi sama orng yg kurang memberikan penjelasan yg masuk akal.” tutur Mbah Wahid.

Modifikasi neo scrambler pada trail Honda CRF150L
Bagus Prakoso Gunawan
Sedikit memberikan komentar.


Saya melihat beberapa waktu belakangan memang isu modifikasi ini sedang memanas. Terutama di lingkungan para pelaku modifikasi. Tapi yang sangat disayangkan, pemahaman terhadap detail perundangan yang dicantumkan juga masih minim. Mayoritas hanya membaca judul dan termakan provokasi sang pembuat post. Setelah saya baca dan saya simpulkan beberapa haru belakang ada beberapa hal yang saya garis bawahi.

1. Mayoritas yang berteriak keras soal perundangan ini, tentu para pelaku modifikasi. Di dalam ini ada beberapa tipe, yang pertama adalah pelaku modifikasi yang cukup radikal (engine swap, custom rangka, dsb) yang mestinya hanya masuk ke ranah kontes dan terkadang banyak tidak mengindahkan peraturan dan keselamatan berkendara di jalan. Biasanya orang-orang ini akan membawa jargon “pembungkaman kreativitas”. Saya pikir, kalau memang polisi niat memberangus kreativitas, gak bakal cuma di jalan tapi juga bakal masuk ke kontes dan membubarkan setiap acara tersebut. Nah, tipikal kedua adalah pelaku modifikasi yang sebenarnya tidak radikal (hanya pasang variasi sana-sini) ikutan terbakar emosinya. Padahal selama kelengkapan lengkap juga gak bakal ditilang.

12 syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya, Monggo disimak gans..2. Sebenarnya isu ini memanas juga disebabkan besar sikap skeptis masyarakat terhadap para oknum aparat. Plus, media yang sering kita baca dan tonton lebih gurih menampilkan keburukan. Kan, lebih enak ngrasani keburukan orang to, apalagi yang nyeritain bisa ngasih bumbu.

Pada akhirnya, semua kembali ke diri kita. Kita mau meng-amini berita yang sebelah mana. Kalo saya sih tetap mikir niatan baik perundangan. Kalo soal oknum, saya rasa mbah-mbah di forum yang asolole icik-icik ehemz ini lebih bisa menangani hal tersebut.

Warganet Ibat Sklrmn juga pasrah dengan tilang bila hal tersebut terjadi padanya. “motor harian udah modif, repaint, van besar, spion lebar, lampu2 normal, bodi copo2 dikit. Nampaknya aman, maklum pakem kalo modif yg penting fungsinya…namun sayang surat2 mati, pajak.telat, lom mutasi… Tp udah siap sih klo sewaktu2 kena razia.. pasrahhhh...” pungkasnya.

Modifikasi Yamaha Scorpio jadi Caferacer brosisItulaha mantentemans 12 syarat modifikasi motor agar gak kena tilang dan legal di jalan raya, Monggo disimak gans…

Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3703 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..